5 Fakta Kelainan Cutis Laxa

GesitQQ Lounge – 5 Fakta Kelainan Cutis Laxa. Cutis laxa adalah penyakit langka yang menyebabkan kerusakan jaringan ikat, yang mana jaringan ini berfungsi untuk memberi struktur dan kekuatan pada otot, persendian, dan organ, termasuk kulit. Kondisi ini membuat penderitanya tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Tak hanya itu, penderita cutis laxa juga sering kali mengembangkan penyakit lain seperti emfisema dan hernia, yang mana gejalanya bisa ringan hingga mengancam nyawa. Apa saja fakta lengkap tentang cutis laxa? Berikut ulasannya.

5 Fakta Kelainan Cutis Laxa

Cutis laxa terbagi menjadi beberapa jenis

Kulit Keriput dan Kendur di Usia Muda, Ini 5 Fakta Kelainan Cutis Laxa

Melansir Verywell Healthcutis laxa dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Autosomal dominant cutis laxa (ADCL)
  • Autosomal recessive cutis laxa (ARCL)
  • Sindrom tanduk oksipital (occipital horn syndrome atau OHS)
  • Gerodermia osteodysplasticum (GO),
  • Acquired cutis laxa

ADCL adalah jenis cutis laxa yang ringan, sementara ARCL bisa jadi lebih parah daripada ADCL.

Gejala yang terjadi tergantung pada setiap subtipe

Kulit Keriput dan Kendur di Usia Muda, Ini 5 Fakta Kelainan Cutis Laxa

Gejala yang timbul pada penderita cutis laxa bervariasi, tergantung pada jenisnya. Bahkan, pada seseorang dengan subtipe yang sama dan dari keluarga sama pun bisa mengembangkan gejala yang berbeda. Namun, secara umum gejalanya adalah kulit kendur dan keriput.

Penyebab seseorang menderita cutis laxa

Kulit Keriput dan Kendur di Usia Muda, Ini 5 Fakta Kelainan Cutis Laxa

Cutis laxa yang diwariskan terjadi karena adanya mutasi gen tertentu, terutama yang bertanggung jawab untuk pembentukan jaringan ikat.

Diagnosis pemeriksaan

Cutis laxa biasanya didiagnosis oleh dokter melalui pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan yang menyeluruh. Beberapa tes mungkin juga dilakukan untuk mengetahui spesifik cutis laxa yang terjadi, seperti uji genetik dan biopsi kulit. 

Pengobatan

Sedangkan untuk perawatan gejala kulit, operasi plastik biasanya menjadi pilihan. Namun, hasilnya bersifat sementara. Karena, kulit kendur pascaoperasi juga sering muncul kembali.

Itulah beberapa fakta medis tentang cutis laxa. Bagi penderita, sebaiknya hindari faktor lingkungan yang bisa memperburuk gejala, seperti merokok dan paparan sinar matahari.

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas