5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan Sosial

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan Sosial

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan SosialGESITQQ LOUNGE Sebagai teman yang baik, kamu wajib mendukungnya agar bisa bangkit dari keterpurukan. Hal itu akan di permudah jika kamu memiliki rasa empati yang tinggi. Jika belum punya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa membuat rasa empatimu meningkat. Simak pembahasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

1. Belajar melihat sudut pandang orang lain

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan SosialAgar rasa empatimu meningkat, cobalah untuk terbiasa melihat sudut pandang orang lain jika di hadapkan dengan sebuah permasalahan. Ketika hal itu terjadi, terkadang kamu akan berusaha untuk memperjuangkan apa yang kamu anggap benar tanpa memerhatikan perasan orang lain.

Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja namun dapat membuat orang lain merasa sakit hati. Momen tersebut terjadi begitu saja sebab kamu enggan melihat bagaimana pemikiran orang lain dalam hal itu. Maka dari itu, berikanlah orang lain kesempatan untuk ngomong agar rasa empatimu bisa tumbuh.

2. Buang semua keegoisan jika orang lain sedang bercerita

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan SosialPada dasarnya, tidak semua orang itu bisa menjadi pendengar yang baik. Apalagi bagi orang-orang yang gak memiliki empati, mereka akan cenderung seenaknya sendiri saat mendengarkan orang lain. Hal yang sering terjadi adalah orang tersebut enggan fokus kepada permasalahan lawan bicaranya.

3. Berikanlah orang lain kesempatan untuk mengutarakan pendapatnya

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan SosialSebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti ingin di anggap paling benar. Hal semacam itu mendorong seseorang untuk tak memberi kesempatan lawan bicara. Mereka hanya mementingkan perihal bagaimana pendapatnya agar bisa dit erima orang lain.

4. Jangan pernah melakukan ‘adu nasib’ saat orang lain sedang bercerita

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan SosialAdu nasib merupakan sebuah hal yang sering banget di lakukan orang lain ketika menjadi penampung cerita. Hal itu biasanya muncul ketika tidak ada rasa empati di dalam dirinya. Alhasil, orang tersebut cenderung berusaha untuk membandingkan kehidupannya dengan lawan bicara.

5. Mulailah memberi apresiasi kepada setiap orang yang membantumu

5 Cara Tingkatkan Empati saat Berada di Lingkungan SosialSudahkah kamu membiasakan diri untuk mengapresiasi orang-orang yang telah membantumu? Hal semacam itu sebenarnya wajib di lakukan sebab orang lain pasti akan merasa sangat di hargai ketika ucapan terima kasih terucap dari mulutmu.