5 Cara Agar Kamu Bisa Menjalankan Hidup Terbaikmu

5 Cara Agar Kamu Bisa Menjalankan Hidup Terbaikmu 5 Cara Agar Kamu Bisa Menjalankan Hidup Terbaikmu

WWWGESITQQLANGUE Masyarakat di seluruh dunia pasti pernah mengalami tantangan dalam hidup, terutama selama masa pandemik yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini. Masa pandemik ini semakin mempersulit keadaan dan bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang.BandarQ

Menjalankan kegiatan dan rutinitas yang sama setiap hari, tentunya bisa menimbulkan rasa jenuh. Tak jarang, kita jadi mempertanyakan apa tujuan hidup kita sebenarnya.

1. Menjalani hidup yang membuatmu bahagia

Langkah pertama untuk hidup dengan the best version of yourself adalah melakukan hal yang membuat kamu bahagia. Bahagia di sini bersifat subjektif, di mana konsep bahagia setiap orang itu berbeda-beda. 

“Konsepnya berbeda antar orang yang satu dengan yang lainnya. Ingat juga bahwa setiap orang memiliki standar bahagia yang berbeda-beda,” jelas Jovita.

2. Temukan potensi terbaik dirimu

Selanjutnya adalah mencoba menemukan potensi terbaik dari dirimu. Jovita menyampaikan bahwa potensi bisa dalam bentuk apa pun. “Bisa dalam hal yang kamu suka dan sudah kamu lakukan, dan kamu lakukan setiap hari pula,” jelasnya.

Dengan mengetahui potensi terbaik yang kita miliki, kita jadi bisa memaksimalkan potensi tersebut. Kita juga bisa melakukan banyak hal baru yang juga berguna untuk self improvement.

3. Memilih dan menjalani hidup sesuai yang kamu inginkan

Setelah mengetahui potensi diri dan pulling best out of you serta banyak melakukan self improvement, kamu jadi punya banyak pilihan untuk menjalani hidup. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan yang kamu inginkan dan yang membuatmu bahagia.

4. Melakukan yang terbaik untuk orang-orang terkasih

Sebagian dari kita mungkin ada yang tidak hidup sendirian, entah bersama keluarga, pasangan, atau anak. Melakukan yang terbaik untuk orang terkasih bisa membuat kita merasa telah menjalani hidup terbaik.

Ini karena ketika orang terkasih kita merasakan kebahagiaan atas apa yang kita berikan, maka kebahagiaan itu juga akan menular dan membuat kita ikut bahagia. Alasan ini juga diperkuat dengan pemaparan Jovita.

“Hal ini juga bisa dilakukan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Misalnya, melakukan yang terbaik untuk anak-anak, bisa dengan menemani mereka belajar, bermain dengan mereka. Apa pun itu, kamu bisa menentukannya sendiri,” jelas Jovita.

5. Mengisi body, mind, and soul dengan hal yang positif

Gak cuma raga saja, pikiran dan psikologis kita juga harus dipenuhi kebutuhannya dengan hal-hal yang positif. Untuk body, salah satu caranya adalah memberi nutrisi yang baik untuk diri kita dan orang-orang terkasih.

Beberapa di antaranya adalah melatih keterampilan untuk bisa berpikir positif, menambah edukasi lainnya seperti mengikuti webinar, ataupun mendekatkan diri dengan anggota keluarga.

Sementara untuk soul, cara pertamanya adalah bersyukur. “Jadi, syukuri apa yang sudah terjadi sama kamu, baik di masa lalu maupun di hari demi hari hingga saat ini. Karena itu semua lah yang membentuk diri kita menjadi diri yang kuat dan the best version of ourself saat ini,” terangnya. Selain itu, bisa juga dengan melakukan relaksasi dan memiliki mindfulness.