5 Alasan Kamu Tak Kunjung Dapat Panggilan Interview Kerja

5 Alasan Kamu Tak Kunjung Dapat Panggilan Interview Kerja

GESITQQ LOUNGE Proses pencarian kerja terbilang susah susah gampang. Banyak tahapan yang harus di lalui para jobseeker sebelum benar-benar mendapat kerja. Misalnya tahap interview. Tentu tak semua pelamar dapat kesempatan untuk melakukan wawancara. 

Banyak faktor yang berpengaruh dalam hal ini, dua di antaranya adalah CV dan resume. Bisa di katakan, dua instrumen itumerupakan pintu yang menghubungkan kamu dengan rekruter. Untuk memperbesar peluang, kamu harus menyusun keduanya dengan matang.

1. Menggunakan satu CV atau resume untuk semua posisi

Saat hendak melamar pekerjaan, kamu sebaiknya mengetahui detail job description posisi yang akan di lamar. Salah satu kesalahan yang banyak di lakukan pelamar ialah menggunakan satu CV atau resume untuk semua posisi tanpa menyesaikan kontennya dengan posisi yang di lamar.

Padahal, rekruter hanya memiliki waktu 6 sampai 7 detik untuk menyeleksi berkas lamaran. Karenanya penting untuk menciptakan impresi yang baik agar menarik perhatian mereka. Masukkan pengalaman, pencapaian, dan kemampuan yang outstanding dan relevan dengan posisi yang kamu tuju.

2. Tidak menggunakan format ATS untuk menyusun CV

Seiring perkembangan zaman, teknologi yang di gunakan di dunia kerja juga semakin canggih. Untuk mempermudah proses rekrutmen, beberapa perusahaan menggunakan applicant tracking system (ATS) yang memungkinkan sistem menyortir CV berdasarkan relevansi dengan deskripsi pekerjaan.

3. Tak cukup menarik di mata rekruter

Pernahkah kamu memosisikan diri sebagai seorang rekruter? Kira-kira kandidat seperti apa yang kamu butuhkan? Tentu kamu tertarik pada kandidat yang punya pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang sedang di butuhkan. Prestasi dan pencapaian yang sesuai tentu akan menjadi nilai tambah.

4. Tak banyak memasukkan lamaran kerja

Setiap orang tentu punya pekerjaan dan perusahaan impian. Gak sedikit orang hanya ingin melamar di perusahaan impian dan enggan mencoba peruntungan di tempat lain.

5. Kurang memperbanyak networking

Menjalin network bisa membuka banyak kesempatan, khususnya bagi para jobseeker. Faktanya, banyak lowongan pekerjaan yang tidak di publikasikan. Biasanya rekruter akan mencari orang di internal kantor yang sekiranya fit dengan Kunjung posisi yang sedang di cari.