4 ALASAN MENGAPA BULU KUCING BERUBAH WARNA

GesitQQ Lounge – Sebagai pemilik kamu tentu memahami adanya perubahan pada kucing walau hanya perubahan kecil.

Perubahan pada hewan peliharaan memang sebaiknya di ketahui untuk segera, karena perubahan kecil bisa jadi adalah sebuah pertanda adanya masalah pada kucing peliharaan mu.

Salah satu perubahan yang mungkin terjadi adalah perubahan warna bulu pada si manis. Kamu mungkin melihat kucing yang tadinya berwarna hitam menjadi cokelat kemerahan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengapa hal ini bisa terjadi, berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi warna kucing dan mengapa bulu kucing dapat berubah warna seiring waktu

1. Suhu

Pada kucing Siam, Himalaya, dan kuciing oriental lainnya, warna bulu kuciing di tentukan oleh suhu kulitnya. Kulit lebih dingin di ekstremitas tubuh yakni pada kaki, ekor, dan telinga atau wajah, itulah sebabnya kuciing berwarna putih atau krem dan bagian ini menjadi lebih gelap. Tetapi suhu kulit bukanlah satu-satunya faktor penentu. Suhu lingkungan kuciing dapat memiliki efek yang serupa. Baca juga: Mengapa Kuciing Buang Air di Luar Kotak Pasir? Penyebab dan Solusinya

2. Sinar matahari Percaya atau tidak, kuciing berwarna gelap bisa memudar di bawah sinar matahari. Jika kuciing sering berada di luar ruangan, atau jika dia menghabiskan waktunya untuk berbaring di area yang cerah di dalam ruangan, bulunya bisa menjadi cerah atau memudar.

3. Nutrisi berperan dalam warna kucing Pola makan yang kekurangan asam amino tirosin dapat menyebabkan warna rambut kuciing hitam berubah dari hitam menjadi kemerahan. Tirosin di perlukan untuk membuat melanin, pigmen gelap pada bulu kuciing, dan jika kuciing tidak mendapatkan cukup tirosin dalam makanannya, bulu eboni-nya dapat memudar. Masalah nutrisi lain seperti kekurangan tembaga dan kelebihan seng dapat menyebabkan bulu hitam menjadi memudah. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberi kuciing suplemen apa pun, karena perubahan warna bulu juga dapat mengindikasikan penyakit ginjal, hati, atau tiroid.

4. Karena usia Seiring bertambahnya usia kucing, rambut mereka mulai beruban seperti halnya manusia. Bulu anjing ras Siam dan ras Oriental berujung gelap lainnya juga menjadi gelap seiring bertambahnya usia. Anak kuciing Siam lahir putih dan baru akan mulai mengembangkan titik warnanya setelah berada di luar rahim ibunya. Jadi fenomena ini mungkin merupakan kelanjutan dari proses tersebut. Seperti biasa, setiap kali kamu tidak yakin tentang sesuatu yang terjadi pada kuciing. Ada baiknya untuk segera berkonsultasi pada dokter hewan.

Sumber: Bermain Poker Berkualitas