3 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun yang Aman

GESITPOKER Lounge – Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun menjadi salah satu trik kecantikan yang cukup populer. Minyak zaitun memang sudah terkenal khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak produk perawatan kulit menggunakan minyak zaitun dalam formulasinya.

Berkat kandungannya yang memiliki sifat anti bakteri dan anti-inflamasi, minyak zaitun dinilai mampu mencegah dan mengatasi jerawat. Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak (sebum) dan sel kulit mati. Jerawat kerap kali meninggalkan bekas berupa bopeng.

Banyak orang kemudian melakukan berbagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat, salah satunya dengan minyak zaitun. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun biasa dilakukan dengan beberapa metode. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun bisa dengan menjadikannya sebagai minyak pembersih dan masker.

Namun, efektifkah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun? Mengetahui efektivitas cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun bisa membantumu menentukan perawatan yang tepat untuk jerawat. Berikut cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun, efektivitas dan keamanannya untuk kulit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/7/2020).2 dari 5 halaman

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun: sebagai pembersih

ilustrasi minyak zaitun untuk masker wajah/unsplash
3 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun yang Aman

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun yang pertama adalah menggunakannya sebagai minyak pembersih. Minyak zaitun dapat menjadi pembersih yang baik untuk kulit. Cara ini bisa menjadi teknik double cleansing untuk membersihkan wajah dari kotoran. Lakukan cara ini maksimal satu kali sehari.

Caranya, cuci tangan sampai bersih. Tuang minyak ke telapak tangan dan kemudian oleskan ke seluruh wajah. Pijat wajah selama beberapa menit untuk mengeluarkan kotoran. Celupkan waslap ke dalam air hangat lalu bersihkan sisa minyak yang menempel. Usap minyak sampai benar-benar terhapus dari kulit. Lakukan langkah pembersihan kedua menggunakan sabun pencuci muka biasa.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun: sebagai masker

Ilustrasi minyak zaitun
3 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun yang Aman

Masker madu

Campurkan satu sedok makan minyak zaitun dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan selama kurang lebi 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Madu memiliki sifat anti bakteri yang bisa membantu penyembuhan bekas jerawat.

Sebagai sleeping mask

Campurkan beberapa tetes minyak zaitun murni dalam krim malam atau krim pelembap dan pijat di wajah. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun langsung di wajah tanpa mencampurnya dengan krim apa pun. Aplikasikan pada kulit hingga merata sebelum tidur dan bilas keesokan harinya.4 dari 5 halaman

Efektifkah minyak zaitun untuk hilangkan bopeng jerawat?

Munculnya Jerawat
3 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun yang Aman

Meski minyak zaitun memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, dan anti bakteri, beberapa jenis kulit tidak cocok terhadap minyak ini. Pemilik kulit berminyak misalnya, menggunakan minyak zaitun akan membuat kulit makin berminyak dan menyumbat pori. Minyak zaitun juga kurang baik untuk pemilik kulit yang rawan berjerawat.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun tidak efektif mengurangi bekas jerawat pada sebagian orang. Penelitian ini masih beragam hasilnya dan butuh banyak pegembangan. Dilansir dari Healthline, berikut penelitian tentang efek samping minyak zaitun untuk jerawat:

– Satu studi menemukan bahwa suatu zat dalam minyak zaitun yang disebut asam oleat menyebabkan iritasi ringan untuk orang-orang dengan eksim (dermatitis atopik), gangguan kulit umum yang menyebabkan bercak-bercak kulit gatal dan meradang.

– Minyak zaitun juga terbukti meningkatkan aktivitas bakteri penyebab jerawat dalam penelitian lain. Para peneliti juga menemukan bahwa minyak membantu bakteri ini menempelkan diri ke folikel kulit.

– Sebuah studi 2012 menguji dampak minyak zaitun pada kulit sukarelawan manusia. Setelah lima minggu menerapkan dua tetes minyak zaitun ke lengan dua kali sehari, para peneliti menemukan bahwa minyak zaitun melemahkan penghalang kulit dan menyebabkan iritasi ringan.

– Sebuah penelitian kecil terhadap 28 mahasiswa menemukan bahwa minyak pembersih baik untuk kulit kering dan tua, tetapi pembersih bebas minyak adalah yang terbaik untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat.

– Meski memiliki sejumlah kekurangan, minyak zaitun juga punya manfaat berdasar penelitian. Minyak zaitun telah terbukti memiliki aksi antioksidan langsung pada kulit dan dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan UVB dan kanker kulit.

– Kesimpulannya, cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan minyak zaitun belum terbukti efektif mengurangi bekas jerawat. Penelitian yang dilakukan hingga saat ini masih memiliki hasil beragam terkait manfaatnya untuk jerawat.

Namun, minyak zaitun masih baik digunakan untuk beberapa jenis kulit tertentu. Ini seperti kulit kering yang membutuhkan kelembapan ekstra. Sementara untuk kulit berminyak dan berjerawat, minyak zaitun tidak dianjurkan untuk digunakan karena bisa menyumbat pori-pori.5 dari 5 halaman

Manfaat minyak zaitun untuk kulit

Ilustrasi Minyak Zaitun
3 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Minyak Zaitun yang Aman

Melembapkan

Minyak zaitun dikenal untuk melempabkan dan menghaluskan kulit. Minyak zaitun adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Minyak zaitun mampu mempertahankan elastisitas kulit dan cenderung membuatnya halus, kenyal, dan bercahaya. Minyak ini mengandung jumlah vitamin E yang baik, antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari atau udara dingin.

Kaya antioksidan dan vitamin

Minyak zaitun merupakan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah atau membalikkan kerusakan akibat radiasi ultraviolet penyebab kanker. Minyak zaitun mengandung squalene yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lemak dan minyak lainnya. Squalene inilah yang memberi minyak zaitun dorongan antioksidan tambahan. Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang baik untuk kulit.

Cegah penuaan dini

Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai mengendur dan mengembangkan kerutan. Tanda-tanda penuaan ini bisa diperlambat dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami.

Bantu hapus makeup

Menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah bisa menjadi solusi alami untuk kulit sensitif yang kerap bermasalah ketika bersentuhan dengan bahan kimia. Minyak zaitun memecah zat-zat yang kedap air dalam riasan mata, memungkinkannya dibersihkan dengan lebih mudah.