12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan, Cegah Peradangan

12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan, Cegah Peradangan

GESIT POKER LOUNGE – Delima termasuk salah satu buah tersehat yang ada. Buah ini mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Delima kaya serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman bioaktif, dan juga mengandung sedikit gula. Jus buah delima mengandung lebih dari 100 fitokimia sehat. Konsumsi jus delima bisa membantu meningkatkan kesehatan sekaligus mencegah berbagai penyakit kronis.

Jus delima memiliki manfaat yang luas dan dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan kondisi peradangan lainnya.

Kaya antioksidan

Buliran delima mendapatkan rona merah cerah dari polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Jus buah delima mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada kebanyakan jus buah lainnya. Ia juga memiliki antioksidan tiga kali lebih banyak daripada anggur merah dan teh hijau. Antioksidan dalam jus delima dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, dan mengurangi peradangan.

12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Antiperadangan

Jus buah delima adalah agen anti-inflamasi yang kuat karena konsentrasi antioksidannya yang tinggi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh dan mencegah stres dan kerusakan oksidatif.

Peradangan kronis adalah salah satu pemicu utama banyak penyakit serius.

Antivirus

Di antara vitamin C dan nutrisi penambah kekebalan lainnya seperti vitamin E, jus delima dapat mencegah penyakit dan melawan infeksi. Delima juga terbukti antibakteri dan antivirus dalam tes laboratorium.

12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Cegah kanker

Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis, atau kematian sel, pada sel kanker.

Ekstrak buah delima juga dapat menghambat reproduksi sel kanker payudara. Namun, bukti saat ini terbatas pada penelitian laboratorium.

Cegah Alzheimer

Satu studi pada pasien bedah menemukan bahwa 2 gram ekstrak buah delima mencegah defisit dalam memori setelah operasi. Studi lain pada 28 orang dewasa yang lebih tua dengan keluhan memori menemukan bahwa 8 ons (237 ml) jus delima per hari secara signifikan meningkatkan penanda memori verbal dan visual.

12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Sehatkan pencernaan

Jus buah delima dapat mengurangi peradangan di usus dan meningkatkan pencernaan. Ini bermanfaat bagi penderita penyakit Crohn, kolitis ulserativa, dan penyakit radang usus lainnya.

Atasi Arthritis

Mengingat senyawa tanaman dalam buah delima memiliki efek anti-inflamasi, masuk akal jika mereka dapat membantu mengobati radang sendi. Flavonol dalam jus delima dapat membantu memblokir peradangan yang berkontribusi pada osteoartritis dan kerusakan tulang rawan.

12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Sehatkan jantung

Jus delima juga punya manfaat melindungi jantung dan arteri. Penelitian kecil menunjukkan bahwa jus meningkatkan aliran darah dan mencegah arteri menjadi kaku dan kental. Ini juga dapat memperlambat pertumbuhan plak dan penumpukan kolesterol di arteri.

Tetapi buah delima dapat bereaksi negatif dengan obat tekanan darah dan kolesterol seperti statin. Jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter sebelum menikmati jus atau mengonsumsi suplemen ekstrak buah delima.

Kontrol tekanan darah

Minum jus delima setiap hari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Sebuah tinjauan komprehensif dari uji coba terkontrol secara acak menyatakan bahwa minum jus delima setiap hari bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Tingkatkan kesuburan

Konsentrasi antioksidan jus delima dan kemampuannya untuk memengaruhi stres oksidatif menjadikannya bantuan kesuburan yang potensial. Stres oksidatif terbukti menyebabkan disfungsi sperma dan menurunkan kesuburan pada wanita.

Jus delima juga telah terbukti membantu mengurangi stres oksidatif di plasenta. Namun para peneliti belum mengetahui manfaat pasti dari jus delima untuk kesuburan. Minum jus delima juga dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita, salah satu hormon utama di balik dorongan seks.

12 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan

Tingkatkan stamina

Delima kaya akan nitrat makanan yang telah terbukti meningkatkan kinerja olahraga. Jus delima bisa menjadi penambah performa saat berolahraga. Jus delima dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan pemulihan kekuatan.

Atasi diabetes

Delima secara tradisional digunakan sebagai obat diabetes di Timur Tengah dan India. Meskipun masih banyak yang belum diketahui tentang efek buah delima pada diabetes, delima dapat membantu menurunkan resistensi insulin dan menurunkan gula darah.

Baca juga : 7 Tips Agar Tidur Nyenyak di Pesawat, Lebih Nyaman

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA SE-INDONESIA