10 Manfaat Daun Mengkudu Tak Kalah Baik dari Buahnya

Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan salah satunya bisa turunkan demam

10 Manfaat Daun Mengkudu GESITPOKER Lounge –  Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan ternyata tak kalah melimpah dari buahnya. Pasalnya, selain di kenal turun-temurun, manfaat tersebut juga telah di buktikan melalui beberapa penelitian.

Berikut ini, beberapa manfaat daun mengkudu untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat daun mengkudu salah satunya adalah mencegah bisul

1. Membantu mencegah bisul

10 Manfaat Daun Mengkudu Ekstrak daun mengkudu terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus Aureus. Bakteri ini merupakan penyebab berbagai masalah kulit, terutama bisul.Pada penelitian yang di lakukan, ekstrak daun mengkudu terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri tersebut pada konsentrasi 80%.

2. Mengobati luka bakar

Daun mengkudu segar yang telah di bersihkan, di anggap bisa menjadi obat luka bakar alami. Manfaat yang satu ini secara tradisional sudah di kenal luas, namun secara ilmiah belum pernah di buktikan. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati jika ingin menggunakan daun mengkudu sebagai obat luka bakar.

3. Menurunkan demam

Secara tradisional, daun mengkudu juga kerap di jadikan sebagai ramuan penurun panas. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, konsumsilah daun mengkudu segar yang telah di ambil airnya ataupun di olah sedemikian rupa.Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat daun mengkudu untuk obat demam, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

4. Menyembuhkan luka di kulit

Ekstrak daun mengkudu terbukti bisa membantu menyembuhkan luka di kulit. Manfaat yang satu ini di dapatkan dari kandungan beta karoten, flafonol, dan glikosida iridoid di dalamnya yang mampu mempercepat pemulihan di kulit.

5. Mengandung antioksidan

10 Manfaat Daun Mengkudu Antioksidan adalah senyawa yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dengan tingkat ringan hingga berbahaya. Pada tumbuhan mengkudu, senyawa ini terdapat di hampir semua bagiannya, mulai dari buah, batang, hingga daunnya.

6. Mengobati penyakit jantung

Daun mengkudu terbukti memiliki sifat antidislipidemia. Artinya, herbal yang satu ini bisa menghambat penyerapan lemak di tubuh. Mekanisme ini membuat daun mengkudu di nilai berpotensi untuk di gunakan sebagai obat alami penyakit jantung.

Manfaat daun mengkudu salah satunya adalah mencegah infeksi bakteri

7. Menghilangkan infeksi

Tak hanya menghambat pertumbuhan bakteri Staphyloccous Aureus, ekstrak daun mengkudu rupanya juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli dan jamur Candida Albicans.E. Coli adalah bakteri penyebab berbagai penyakit, termasuk diare dan keracunan makanan. Sementara itu, jamur Candida Albicans berisiko menimbulkan infeksi jamur di mulut dan vagina yang paling sering menginfeksi manusia.Hal ini membuat para ahli akan terus mempertimbangkan daun mengkudu sebagai sumber bahan alternatif untuk mengatasi penyakit infeksi di tubuh.

8. Sebagai tabir surya alami

Ekstrak daun mengkudu dapat di gunakan sebagai sun block alias tabir surya alami. Pasalnya, daun ini di nilai bisa melindungi kulit dari kemerahan dan pembengkakan akibat paparan sinar ultraviolet-B (UVB).

9. Membuat kulit terlihat awet muda

Mengoleskan jus daun mengkudu yang sudah di campurkan dengan minyak biji mengkudu dan jus buah mengkudu, terbukti bisa memudarkan kerut-kerut halus di kulit di wajah dan leher.Campuran bahan alami tersebut juga dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan kencang, sehingga bisa membuat Anda terlihat awet muda.

10. Menyembuhkan luka di gusi

Menurut penelitian, daun mengkudu yang di olah menjadi bentuk pasta, terbukti bisa menyembuhkan luka di gusi dengan baik. Luka di gusi bisa terjadi karena berbagai hal, seperti tersodok sikat gigi, tertutusuk duri ikan saat makan, maupun sobek karena benturan.