10 Cara Membersihkan Telinga yang Benar, Efektif dan Aman

10 Cara Membersihkan Telinga yang Benar, Efektif dan Aman

GESIT POKER LOUNGE – Keberadaan kotoran dalam telinga sudah pasti sulit dihindari. Hal ini yang membuat cara membersihkan telinga yang benar penting diketahui. Tentu saja untuk selalu menjaga kebersihan sekaligus kesehatan alat indra pendengaran ini.10 Cara Membersihkan Telinga yang Benar, Efektif dan Aman

Sayangnya, sampai sekarang masih banyak yang belum paham cara membersihkan telinga yang benar, yakni bukan dengan cutton bud. Memang lebih praktis dan mudah, tetapi efek jangka panjangnya justru kotoran telinga dapat terdorong lebih dalam dan menyebabkan masalah parah.

Nah, cara membersihkan telinga yang benar adalah mampu meluruhkan serumen ini dan melunakkan serumen yang sudah mengeras.

Berikut Betgesit.org ulas cara membersihkan telinga yang benar dari berbagai sumber, Jum’at (12/2/2021).

Baby Oil

Cara membersihkan telinga yang benar bisa menggunakan baby oil.

Harga dari baby oil ini pun juga cukup murah, sehingga tidak akan menguras kantong. Untuk menggunakan baby oil sebagai cara membersihkan telinga yang benar, bisa dengan meneteskan sedikit saja baby oil tersebut langsung ke dalam telinga. Lalu tutup lubang telinga dengan kain atau benda yang aman selama beberapa menit.

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Pembilasan

Cara membersihkan telinga yang benar kedua bisa dengan pembilasan. Terkadang, kotoran telinga bisa keluar sendiri oleh tekanan ringan dari pembilasan air.

Miringkan kepala ke samping dengan handuk tebal atau baskom di bawah telinga. Peras bola karet dengan lembut sehingga air hangat menetes ke telinga. Biarkan air mengalir ke handuk atau baskom.

Bisa juga praktik cara membersihkan telinga yang benar ini di atas mangkuk, sehingga dapat melihat apakah ada kotoran telinga yang jatuh. Lakukan pembilasan 5 hingga 15 menit setelah menggunakan baking soda, hidrogen peroksida, atau minyak.

Minyak Almond

Cara membersihkan telinga yang benar ketiga bisa menggunakan minyak almond. Minyak almond merupakan jenis bahan yang alami, tentu saja akan sangat aman bagi kesehatan kulit pada area sekitar telinga.

Minyak almond memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin E yang akan baik dalam menjaga kelembapan kulit. Cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak almond ini sangat baik untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah terlanjur mengeras.

Untuk mempraktikkan cara membersihkan telinga yang benar bisa dengan bantuan pipet tetes, lalu teteskan minyak almond ini ke dalam telinga.

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang sangat baik sebagai cara membersihkan telinga yang benar. Ada kandungan asam lemak pada minyak kelapa yang bisa menjadi kunci mengapa jenis minyak ini baik untuk membersihkan kotoran telinga.

Selain itu, minyak kelapa sangat baik dalam membantu telinga melawan infeksi dan berbagai bakteri. Untuk praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak kelapa, bisa dengan memanaskan sedikit.

Kemudian lanjutkan dengan membiarkannya sedikit dingin. Gunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga.

Bawang Putih

Dalam minyak bawang putih terkandungan antibiotik yang dapat membantu seseorang mengatasi sakit akibat kotoran telinga yang menumpuk.

Praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan minyak bawang putih sangat mudah. Ambil 3 hingga 4 siung bawang putih dan panaskan di atas penggorengan dengan minyak hingga sedikit menghitam.

Saat bawang putih telah menyerap minyak yang ada, sisihkan lalu remaslah secara perlahan agar minyak yang ada di dalam bawang putih menetes keluar.

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Minyak Zaitun

Minyak zaitun berguna untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras.

Selain itu, minyak zaitun mengandung zat antibakteri yang dapat menjaga telinga tetap sehat.

Alkohol

Cara membersihkan telinga yang benar selanjutnya bisa memanfaatkan alkohol.

Mengapa perlu campuran cuka dalam praktik cara membersihkan telinga yang benar? Sebabnya, alkohol bisa mengeluarkan kotoran telinga dengan baik, sementara cuka bermanfaat dalam menjaga telinga dari infeksi.

Untuk praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan kedua campuran bahan tersebut sangat mudah. Cukup dengan bantuan kapas, tetap hati-hati dalam menggunakannya, dan jangan terlalu masuk ke dalam telinga.

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan telinga yang benar selanjutnya bisa dengan hidrogen peroksida. Zat ini cukup efektif untuk membersihkan kotoran telinga. Terdapat kandungan ekstra oksigennya dapat mengurai kotoran lebih cepat.

Tidak heran bila cara membersihkan telinga yang benar ini efektif menjauhkan telinga dari masalah infeksi. Bisa praktikkan dengan kapas khusus telinga, lalu oleskan hydrogen peroksida ke dalam telinga. Terakhir bersihkan kembali dengan kapas bersih.

Baking Soda

Baking soda tidak hanya bermanfaat dalam proses pembuatan kue. Cara membersihkan telinga yang benar dengan baking soda sangat direkomendasikan karena aman.

Tapi jangan salah, baking soda sangat baik dan efektif untuk menyingkirkan kotoran telinga. Baking soda berperan aktif sebagai antiseptik yang berguna dalam melunakkan kotoran telinga.

Untuk praktik cara membersihkan telinga yang benar dengan baking soda, campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air.

Kemudian tuangkan beberapa tetes larutan ke dalam telinga. Biarkan selama beberapa saat, lalu bersihkan telinga dengan kapas lembut. Lakukan secukupnya dan jangan berlebihan.

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Air Garam

Cara membersihkan telinga yang benar bisa memanfaatkan air garam.

Cara membersihkan telinga yang benar cukup campurkan 1 sendok makan garam ke dalam air. Lalu, rendam kapas pada air tersebut dan teteskan ke dalam telinga. Namun, jaga larutan agar tidak mengalir keluar selama beberapa menit.

Baca juga : Langkah Efektif untuk Mengendalikan Amarah

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA