Umur Voyager NASA Tinggal 5 Tahun Lagi

Umur Voyager NASA

GesitQQ, Umur Voyager , Pesawat ruang angkasa yang diluncurkan secara terpisah dalam dua minggu pada 1977, telah memberikan kontribusi besar pada dunia sains. Para ilmuwan pun tahu bahwa kedua pesawat tersebut tidak bisa bertahan selamanya.

“Pesawat ruang angkasa semakin dingin sepanjang waktu dan kekuatannya menurun. Kita tahu bahwa dalam lima tahun ke depan, kita mungkin tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengoperasikan lagi,” ucap Ed Stone, ilmuwan dan fisikawan di Caltech.

Umur Voyager NASA Tinggal 5 Tahun Lagi

Kesuksesan yang diraih Voyager sangat mencengangkan karena tidak ada yang menyangka pesawat itu berumur panjang. Hingga saat ini, empat instrumen di Voyager 1 masih bekerja dan instrumen kelima masih mengumpulkan data di Voyager 2.

Stamatios Krimigis, seorang ilmuwan ruang angkasa di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins menjelaskan bahwa kedua pesawat dirancang untuk bertahan hanya dalam waktu empat tahun.

Voyager di posisi dekat planet Jupiter.

“Kedua pesawat telah melangkah selama 192 detik selama 42 tahun terakhir. Dengan total 8 juta langkah dan kami benar-benar kagum bahwa ini masih berfungsi,” ucap Krimigis, sebagaimana dilansir laman GesitLounge.

Kedua pesawat ruang angkasa ini melaju dengan kecepatan lebih dari 48 kilometer per jam. Namun, dibutuhkan hampir 17 jam untuk Voyager 2 mengirimkan pesan kembali ke Bumi, dan lebih dari 20 jam waktu yang dibutuhkan Voyager 1 untuk mengirim data kembali ke Bumi.

Baca Juga : Misi Artemis Akan Gunakan Pesawat Ruang Angkasa Boeing

Sayangnya, para ilmuwan tidak memberikan informasi mengenai misi lain yang mungkin akan menggantikan Voyager.

Lalu kapan bisa mencapai titik tengah galaksi Bimasakti. Tinggal dihitung saja. Panjang galaksi Bimasakti sekitar 100.000 tahun cahaya. Asumsi matahari berada ditengah galaksi maka jarak ke titik tengah sekitar 50.000 tahun cahaya. Kalikan 50.000 x 500 (perjalanan voyager selama 36 tahun dalam satuan tahun cahaya). Sama dengan 25.000.000 kalikan dengan perjalannan terakhir 36 tahun. Yah sekitar 900 juta tahun lagi baru sampai kesana. Itupun kalau jalannya lurus.

Bisa dilihat wajah para peneliti dibawah ini, karena sudah 36 tahun mereka mengamati perjalanan GesitQQRegister.