Manfaat dan Efek Sampingnya Suntik Putih

GesitQQ Lounge – Manfaat dan Efek Sampingnya Suntik Putih. Tren kulit putih nampaknya masih diminati hingga saat ini. Terbukti dengan larisnya produk kecantikan yang berkhasiat untuk memutihkan. Mulai dari sabun, krim, pil, dan tak terkecuali injeksi.

Injeksi atau yang lebih akrab dikenal sebagai suntik putih sering dianggap sebagai cara tercepat memutihkan kulit. Hasil yang didapatkan pun biasanya lebih memuaskan daripada cara lainnya. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan lebih untuk suntik putih.

Namun apakah metode ini aman? Berikut ini rangkuman penjelasan yang telah di rangkum berbagai sumber, mengenai informasi suntik putih dari manfaat dan efek sampingnya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat dan Efek Sampingnya Suntik Putih

Pertama, kita harus tahu apa bahan yang disuntikkan

Suntik Putih: Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Sebelum menjalani prosedur suntik putih, kita harus tahu apa saja bahan yang terkandung dalam cairan injeksinya. Pada umumnya, larutan suntik putih vitamin C terdiri dari tiga komponen utama, yaitu vitamin C, kolagen, dan glutathione. Berikut ini penjelasan singkat mengenai ketiganya:

  • Vitamin C: mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan radikal bebas serta berperan dalam pelepasan kolagen;
  • Kolagen: meningkatkan elastisitas, kelembapan, mengurangi keriput, serta membantu produksi elastin dan fibrilin, protein yang dibutuhkan kulit;
  • Glutathione: antioksidan alami tubuh, mengurangi keriput, dan dapat berperan dalam mencerahkan kulit.

Apakah benar suntik putih efektif untuk mencerahkan kulit?

Suntik Putih: Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Menurut studi dari International Journal of Aesthetics and Anti-aging Medicine, 95,4 persen partisipan mengaku mendapatkan kulit yang lebih segar, cerah, dan kencang akibat suntik putih. Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan prosedur tersebut selama sebulan.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa suntik putih memang efektif untuk membuat kulit kita terlihat lebih putih dan cerah. Namun efek dan lama prosedur sebenarnya bergantung pada setiap orang. 

Apa manfaat dari suntik putih?

Suntik Putih: Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Suntik putih memiliki beberapa manfaat bagi kulit kita. Pertama, prosedur tersebut dapat mencerahkan pigmentasi kulit. Glutathione dan vitamin C yang dimasukkan langsung melalui pembuluh darah dapat bekerja optimal pada sel melanosit, menurut laman Signature Market. 

Kemudian suntik putih juga bisa membantu mengencangkan kulit mengingat larutannya kaya akan kolagen. Jadi selain mencerahkan, kita juga akan mendapatkan efek anti-aging dari prosedur tersebut. 

Khasiat lain yang juga dirasakan adalah meningkatnya kesehatan kulit secara keseluruhan. Di antaranya adalah berkurangnya jerawat, dark spot, serta meningkatnya kelembapan kulit. 

Suntik putih hanya bisa mengembalikan kulit ke pigmentasi asal

Suntik Putih: Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Perlu diingat dan digarisbawahi bahwa sebenarnya suntik putih hanya bisa mengembalikan kulit ke warna asal. Bukan memutihkan sampai batas yang tak wajar, seperti yang digadang-gadang.

Jika ingin tahu kamu bisa seputih apa setelah melakukan prosedur ini, coba amati lengan bagian dalammu. Itu adalah bagian terputih di tubuhmu. Sampai sejauh itulah suntik putih dapat bekerja. 

Apa efek samping suntik putih terhadap kesehatan?

Suntik Putih: Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Di balik semua manfaat yang ditawarkan, suntik putih memiliki sejumlah efek samping yang perlu kamu pertimbangkan. Dilansir Science Based Medicine, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menurunkan tingkat zinc atau seng dalam tubuh;
  • Ruam, gatal, kemerahan pada kulit jika terjadi reaksi alergi;
  • Perubahan fungsi pada tiroid yang memicu hipertiroidisme atau hipotiroidisme;
  • Mengganggu fungsi ginjal dan meningkatkan risiko gagal ginjal;
  • Sakit perut, mual, dan diare jika dosis tak sesuai.

Apakah prosedur ini aman untuk dilakukan?

Suntik putih termasuk ke dalam prosedur medis, sehingga harus dilakukan di bawah pengawasan dokter atau tenaga medis yang kompeten di bidang itu. Kendati demikian, untuk pemakaian pertama, sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu. 

Langkah paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan mengambil beberapa tetes cairan injeksi, lalu oleskan ke punggung tangan. Tunggu selama satu hingga beberapa jam. Jika timbul reaksi kemerahan, gatal, atau bengkak, maka jangan teruskan pemakaian. Bisa jadi tubuhmu alergi terhadap kandungan cairan tersebut.

Langkah untuk melakukan suntik putih dengan aman

Sebelum melakukan suntik putih, kamu harus tahu cara paling aman untuk melakukannya. Pertama, kamu harus mencari dokter yang kompeten di bidang tersebut. Jangan lakukan suntik putih di dokter atau tenaga medis yang gadungan, apalagi di tempat praktik suntik putih yang sembarangan.

Selain itu, kamu juga perlu mengecek riwayat kesehatan terlebih dahulu. Konsultasikan dengan dokter, apakah suntik putih berpotensi untuk memperburuk kondisimu atau tidak. 

Nah, setelah mengetahui semua tentang suntik putih, apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Jangan lupa pertimbangkan segala efek sampingnya dan lakukan sesuai dengan prosedur yang disarankan, ya!

Sumber : Permainan Kartu Berkualitas