Fakta Unik Burung Flamingo: Mampu Berdiri dengan Satu Kaki

gesitQQLOUNGE – Sulit untuk membayangkan burung lain secantik flamingo.

Sekumpulan flaminggi banyak ditemukan di dataran rendah dan panas, seperti di pinggir pantai atau tambak. Hal itu menjadi pemandangan indah di tengah daratan yang gersang.

Kaki burung tropis ini memiliki panjang dengan lutut melengkung ke belakang, leher panjang yang tak lurus, dan tentu saja warna merah jambu yang mencolok.

Selain itu, terdapat fakta untuk mengapa burung menawan ini terkadang berdiri dengan satu kaki. Dilansir dari Discovery, berikut penjelasannya.

Menurut peneliti Young- Hui Chang dan Lena H. Ting, setiap flamingo memiliki alasan masuk akal untuk beridri dengan satu kaki. Ternyata, berdasarkan video flamingo remaja di Kebun Binatang Atlanta, para ilmuwan melihat beberapa burung mudah tertidur dengan satu kaki berdiri.

Saat mulai mengantuk, flamingo akan menggoyangkan kakinya lebih jarang daripada saat burung aktif.

Chang dan Ting memaparkan bahwa sendi pada kaki memiliki posisi istirahat terkunci selama flamingi berdiri dengan satu kaki.

Tetapi, studi ingin membuktikan bahwa seekor flamingo dapat berdiri dengan satu kaki tanpa aktivitas otot apa pun.

Percobaan kemudian dilakukan dengan jauh lebih ekstrem. Mereka melibatkan dua flamingo yang telah mati dari Kebun Binatang Birmingham.

Para peneliti mampu menempatakan burung-burung dalam posisi satu kaki yang benar. Objek riset menunjukkan sesuai dengan dugaan tim ilmuwan.

Jawaban apakah flamingo yang tak memiliki aktivitas otot manapun tetap mampu berdiri dengan satu kaki ternyata benar

Flamingo berdiri dengan satu kaki karena secara fisiologis dapat mengistirahatkan semua berat badan di satu sisi tanpa harus menggunakan otot untuk menjaga keseimbangan.

Apa yang membuat burung-burung mengembangkan trik mengunci sendi ini? Para peneliti belum dapat menjawab semuanya, tetapi paling tidak ada beberapa teori tentang alasan yang lebih luas dalam tindakan penyeimbangan pada hewan.