12 Penyebab Kesemutan di Tangan yang Patut Diwaspadai, Jadi Penanda Penyakit

12 Penyebab Kesemutan di Tangan yang Patut Diwaspadai, Jadi Penanda Penyakit

GESITPOKER Lounge – Mungkin banyak yang bingung apa sebenarnya penyebab kesemutan di tangan. Memang, kesemutan sendiri terlihat sepele, karena kondisinya kerap kali tidak menimbulkan sebuah masalah kesehatan tertentu.

Tapi penyebab kesemutan di tangan perlu diketahui dengan benar. Pasalanya, jika terlalu sering kesemutan di bagian tangan bisa menandakan gangguan kesehatan tertentu pada tubuh. Penyebab kesemutan di tangan bisa karena kurangnya asupan nutrisi tertentu, bahkan bisa jadi tanda diabetes.

Sebenarnya, masih banyak penyebab kesemutan di tangan lainnya yang perlu diketahui. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja penyebab kesemutan di tangan yang patut diwaspadai dan tidak boleh dihiraukan,

Penyebab Kesemutan di Tangan

1. Pencandu Alkohol

Penyebab kesemutan di tangan bisa karena kecanduan alkohol secara berlebih. Pasalnya, asupan alkohol tidak hanya akan merusak hati, namun bisa juga memengaruhi saraf serta organ lain di tubuh manusia. Itulah mengapa, batasi konsumsi alkohol atau tidak sama sekali mengonsumsinya. Poker .

2. Merokok

Tidak banyak di sadari, namun kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu penyebab kesemutan di tangan. Pasalnya, merokok akan mengganggu sirkulasi darah yang kaya oksigen ke tulang dan jaringan.

3. Salah Posisi Tidur

Penyebab kesemutan di tangan ini mungkin yang paling mudah di agnosis dan umum di alami kebanyakan orang. Pasalnya, saat tidur dalam posisi tengkurap bisa menyebabkan tangan jadi sering tertindih. Pada akhirnya, jika posisi tidur tersebut di lakukan dalam waktu lama, maka bukan tidak mungkin bisa menjadi salah satu penyebab kesemutan di tangan.

Penyebab Kesemutan di Tangan

4. Konsumsi Jenis Obat Tertentu

Kemudian, penyebab kesemutan di tangan bisa di karenakan ada gangguan dan kerusakan pada saraf (neuropati) yang bisa di sebabkan adanya efek samping obat-obatan. Ada beberapa jenis obat seperti antibiotik, obat kemoterapi, HIV, serta obat tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan timbulnya gejala tangan kesemutan.

Baca Juga : Mendambakan Buah Hati , Ini 7 Cara Cepat Hamil Alami

5. Kurang Asupan Vitamin B12

Vitamin B12 memegang peranan penting dalam menjaga sistem saraf tubuh. Oleh karena itu, bila kekurangan zat gizi ini, tubuh akan mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah tangan sering kesemutan.

Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya vitamin B12 agar bisa mengatasi tangan kesemutan yang Anda keluhkan.

6. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Selanjutnya, penyebab kesemutan di tangan berikutnya karena carpal tunnel syndrome (CTS) alias sindrom terowongan karpal. Kondsi ini bisa timbul karena di sebabkan oleh terjepitnya saraf pergelangan tangan, sebab terlalu lama menggunakan tangan dalam satu posisi yang sama.

Penyakit ini akhirnya bisa menyebabkan jari tangan mengalami kesemutan, nyeri, mati rasa bahkan kebas. Kondisi CTS sendiri bisa terjadi di tangan kanan, kiri, atau bahkan keduanya.

Penyebab Kesemutan di Tangan

7. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid atau hipotiroidisme adalah sebuah kondisi yang membuat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon dalam jumlah cukup. Timbulnya kondisi ini bisa menyebabkan tangan kesemutan, kelelahan, peningkatan berat badan, kulit kering, bahkan rambut rontok.

8. Diabetes

Ternyata penyebab kesemutan di tangan bisa menjadi sebuah tanda jika ada risiko penyakit diabetes. Kondisi ini terjadi akibat kadar gula darah yang tidak terkontrol. Kemudian, selain tangan sering kesemutan, penderita juga biasanya akan mengalami gejala lain seperti kram serta kebas.

9. Stroke

Penyebab kesemutan di tangan bisa jadi tanda awal dari penyakit serius, salah satunya stroke. Namun pada stroke, gejala tangan kesemutan tersebut tidak timbul begitu saja dengan sendirinya. Ada beberapa gejala yang turut timbul, seperti kelemahan pada satu sisi badan, kesulitan dalam berbicara, nyeri kepala, bingung, yang terakhir bisa juga tubuh kurang seimbang.

Penyebab Kesemutan di Tangan

10. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan penyebab kesemutan di tangan karena penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi. Kondisi ini akan memengaruhi saraf, yang mana secara cepat atau lambat bisa menimbulkan keluhan kesemutan.

Selain itu, penyakit autoimun lain yang berpotensi menjadi penyebab kesemutan di tangan adalah SLE atau lupus.

11. Epikondilitis

Epikondilitis merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan lengan dan siku. Penyakit ini bisa di picu adanya gerakan berulang, seperti mengayuh raket tenis atau golf, yang dapat menyebabkan kerusakan pada tendon.

Gejala lain yang bisa di rasakan antara lain nyeri, perasaan seperti terbakar pada siku, tangan tiba-tiba lemah, hingga pembengkakan. Kemudian, ada gejala penyerta lain seperti rasa tidak normal pada tangan, mati rasa, serta rasa lemah di tangan.

12. Tumor

Adanya tumor yang tumbuh di tangan bisa saja menekan saraf dan pembuluh darah sekitarnya, hingga pada akhirnya menyebabkan tangan sering kesemutan. Salah satu tumor yang sering muncul di tangan yaitu tumor ganglion. Tumor ini adalah jenis tumor jinak yang isinya berupa cairan dan bisa terbentuk pada tendon atau sendi tangan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab kesemutan di tangan di atas, maka ada baiknya Anda tidak menganggap sepele keluhan tersebut.