3 Sungai Terdalam di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

yang Harus Kamu Ketahui

www.beritagesit.comSungai merupakan salah satu unsur penting di alam, yang berupa aliran air permukaan dari hulu menuju ke hilir.

Maka dari itu manfaat sungai begitu penting bagi seluruh makhluk hidup baik hewan, tumbuhan maupun manusia. Selain itu sungai juga memiliki karakteristiknya masing-masing, disertai bentukan yang berbeda-beda.

Maka dari itu, selain memiliki bentuk yang panjang, ada pula sungai yang berkedalaman tinggi. 

Pastinya kalian ingin tahu, kan mana saja sungai terdalam di dunia? Maka langsung saja simak ulasannya berikut ini. 

1. Sungai Mekong

6 Sungai Terdalam di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Sungai Mekong merupakan sungai yang terdapat di Asia Tenggara, di mana bersumber dari Tibet dan bermuara di Laut Cina Selatan, tepatnya di Vietnam.

Dan sungai ini melintasi beberapa negara yakni Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam. Maka dari itu sungai ini termasuk salah satu sungai terpanjang di dunia sekaligus terbesar.

Namun jangan salah sungai Mekong ini juga termasuk sungai terdalam di dunia, yang mana kedalamannya mencapai  kurang lebih100 meter dari permukaan.

Karena menjadi salah satu sungai besar, tak heran apabila sungai ini menjadi habitat dari berbagai macam biota air yang unik. 

2. Sungai Amazon

6 Sungai Terdalam di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Kemudian ada lagi terkenal asal Amerika Selatan, apa lagi kalau bukan Sungai Amazon yang bermuara dari Pegunungan Andes di Peru hingga mengalir ke arah timur Brasil hingga bermuara di Samudera Atlantik.

Sungai tersohor ini termasuk salah satu sungai terpanjang di dunia yang mana menjadi sungai terpanjang kedua di dunia, setelah sungai Nil. 

Namun tidak hanya menjadi sungai terpanjang, Sungai Amazon juga menjadi salah satu sungai terdalam di dunia, yang mana mempunyai kedalaman mencapai 100 meter.

3. Sungai Zambezi

6 Sungai Terdalam di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Beralih ke Afrika terdapat Sungai Zambezi yang letaknya di Afrika sebelah timur, tepatnya melalui beberapa negara seprti Zambia, Angola, Zimbabwe dan Mozambik.

Menariknya sungai ini menjadi tempat dari Air Terjun Victoria yang terkenal di perbatasan Zambia dan Zimbabwe,

di mana jadi salah satu air terjun terbesar di dunia.