Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Sakral & Berkesan

gesitQQLOUNGE – Hampir tidak ada pasangan yang dapat membayangkan rencana pesta pernikahan mereka akan berubah di tengah pandemi seperti sekarang ini. Inilah tips menggelar pernikahan yang sakral dan berkesan.

Banyak pasangan yang awalnya sudah menyiapkan pesta besar-besaran, berubah menjadi sederhana dan hanya dilakukan di rumah saja.

Tapi, jangan khawatir, sebab pernikahan sederhana yang digelar secara intim di rumah juga bukanlah ide yang buruk. Menggelar pernikahan di rumah tetap akan sakral dan berkesan, bila disiapkan dengan matang.Nah, berikut ini ada beberapa tips dari Senior Head of Wedding Business Bridestory, Gisela Setyawan, untuk Anda yang hendak menggelar pesta pernikahan di rumah. Simak informasinya berikut ini.

1. Tentukan konsep pernikahan

5 Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Sakral & Berkesan (11)

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mempersiapkan pernikahan di rumah adalah menentukan konsep pernikahan. Ada begitu banyak tema pernikahan yang bisa Anda ikuti, misalnya penggunaan warna-warna cerah dalam konsep pernikahan modern, tradisional, maupun kontemporer.

2. Pilih jasa dokumentasi dan live streaming yang berpengalaman

5 Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Sakral & Berkesan (12)

Setelah menentukan konsep pernikahan, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih jasa dokumentasi untuk kebutuhan live streaming.

Seperti Zoom, Google Meet, YouTube, hingga Instagram. Apa pun portal digital yang Anda pilih, Gisela menyarankan agar koneksi internet Anda stabil, dan pastikan memilih vendor yang berpengalaman dan tepercaya.

3. Alokasikan anggaran pernikahan dengan tepat

5 Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Sakral & Berkesan (13)

Anda juga harus menentukan terlebih dahulu berapa bujet yang akan digunakan. Alokasi anggaran ini bisa menjadi lebih hemat karena tamu undangan yang hadir lebih sedikit, namun bisa juga membengkak karena banyaknya hampers yang harus dikirim sebagai pengganti undangan.

Yang paling penting, sediakan 15 persen untuk kebutuhan tes antigen atau PCR,” jelas Gisela.

4. Selalu update peraturan pemerintah

5 Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Sakral & Berkesan (14)
Ilustrasi Intimate Wedding Foto: SweetEscape

Penting untuk tetap memantau perubahan peraturan pemerintah yang berlaku di daerah tempat Anda hendak melaksanakan pernikahan. Sebab, setiap daerah memiliki aturan dan regulasi yang berbeda-beda mengenai penyelenggaraan pernikahan di tengah pandemi.

5. Manfaatkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan jelang pernikahan

5 Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Sakral & Berkesan (15)
Ilustrasi Tokopedia. Foto: Tokopedia

Jelang pernikahan ada berbagai kebutuhan serta keperluan yang harus Anda penuhi. Misalnya baju pengantin, dekorasi, souvenir, undangan, hingga jasa foto dan katering. Untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan itu, Gisela pun menyarankan Anda untuk memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia dan Bridestory.