Tips Memasak DagingAgar CepatEmpuk

Tips Memasak DagingAgar CepatEmpuk

BERITA GESIT Tips Memasak DagingAgar CepatEmpuk. Selain daging ayam untuk dimasak opor, ada pula daging sapi yang tak kalah populer saat Lebaran. Biasanya, daging sapi di masak menjadi rendang dengan bumbu yang meresap. Untuk membuat rendang, tentu membutuhkan daging sapi berkualitas.

Kalau sudah mendapatkan daging sapi terbaik, cara mengolahnya pun gak boleh sembarangan, lho. Jika di masak secara asal, siap-siap daging sapi bakal keras dan alot. Tentu kamu gak mau itu terjadi, kan?

Nah, supaya daging yang kamu masak dapat empuk dalam waktu gak lama, ketahui beberapa tips jitunya. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dalam memasak daging.

Bungkus daging dengan daun pepaya

Banyak yang belum tahu kalau daun pepaya bisa membuat daging lebih empuk. Bahkan, kamu gak perlu menggunakan kompor, lho. Daging merah yang kamu miliki tinggal di bungkus menggunakan daun pepaya.

Daun pepaya di ketahui mengandung enzim alami yang berfungsi untuk memecah protein dalam daging. Dengan begitu, daging merah bisa menjadi lebih empuk tanpa di masak terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana caranya? Kamu tinggal mengambil daun pepaya dan membersihkannya dengan air mengalir. Kemudian, bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah kering. Biarkan selama kurang lebih sejam, lalu daging siap di olah, deh.

Rendam daging dengan taburan baking powder

Baking powder menjadi salah satu bahan penting dalam membuat kue. Tanpanya, kue buatanmu gak bakal mengembang secara sempurna. Namun, siapa bilang baking powder hanya di gunakan dalam hal baking. Bahan ini bisa membuat daging empuk, lho.

Caranya pun mudah, kamu tinggal rendam daging dengan sedikit air asal tenggelam saja. Kemudian, taburi baking powder sebanyak 1—2 sendok teh. Aduk-aduk sampai tercampur ke seluruh bagian daging. Diamkan daging selama kurang lebih semalaman agar hasilnya maksimal. GESIT QQ

Lumuri daging dengan nanas atau kiwi

Kalau pengen dagingmu jauh lebih empuk, kamu bisa memanfaatkan buah nanas atau kiwi. Mirip seperti daun pepaya, baik nanas atau kiwi sama-sama memiliki enzim yang dapat melarutkan jarikan ikat dan protein pada daging.

Bedanya, kalau daun pepaya di gunakan untuk membungkus, buah nanas atau kiwi cukup di balurkan ke daging saja. Namun, buah nanas atau kiwi perlu di haluskan terlebih dahulu. Kalau mau praktis, kamu bisa blender salah satu buah tersebut.

Jika sudah, balurkan jus nanas atau kiwi pada daging secara merata. Kemudian, diamkan daging selama kurang lebih 30—45 menit. Saat sudah selesai, bilas daging dengan air bersih hingga tuntas. Daging pun siap di olah.

Pukul-pukul daging secara perlahan

Cara satu ini kerap di remehkan, padahal cukup berpengaruh terhadap tekstur daging, lho. Memukul daging menggunakan meat pounder nyatanya bisa bikin daging empuk. Namun, tentu saja caranya gak boleh asal.

Kamu wajib meletakkan daging di atas permukaan datar. Di sini, yang paling aman adalah menggunakan talenan. Kemudian, pukul daging dengan meat pounder secara perlahan tapi mantap secara konsisten. Jangan terlalu keras karena ini bisa bikin sari dagingnya keluar.

Potong serat daging secara berlawanan

Kalau semua cara di atas sudah kamu lakukan, tapi masih kurang puas dengan hasilnya, coba tips satu ini. Daging yang empuk bisa di dapatkan jika kamu memotong seratnya secara berlawanan. Memang cukup tricky, tapi hasilnya sangat terlihat, lho.

Perhatikan serat memanjang pada daging. Setelah terlihat jelas, kamu bisa memotongnya secara berlawanan arah dari serat daging tersebut. Mengapa hal ini dilakukan? Tujuannya, cara ini bisa bikin serat lebih pendek sehingga daging lebih cepat empuk ketika dimasak. Tips Memasak DagingAgar CepatEmpuk.

BACA JUGA : Tips Menarik Mengenai Atasi Perasaan Tertekan