Serangan Hewan Hama Terburuk dalam Sejarah

GesitPokerLoungeSerangan Hewan Hama Terburuk dalam Sejarah. Hama merupakan gerombolan hewan perusak tanaman, terutama tanaman sumber pangan seperti padi, gandum, buah-buahan, jagung, tebu, dan tanaman pangan lainnya. Selain perusak tanaman, hama juga bersifat sebagai pembawa wabah penyakit. Biasanya serangan hama bersifat musiman, namun sifatnya bisa sangat merusak dan bahkan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Serangan lalat di Karachi

Serangan Hewan Hama Terburuk dalam Sejarah

Lalat merupakan hewan yang dianggap sumber penyakit, karena memang faktanya lalat dapat membawa ribuan kuman dan bakteri dalam tubuhnya. Namun ternyata lalat juga sangat berguna bagi ekosistem, karena larvanya dapat membantu menguraikan bangkai sehingga tidak mencemari tanah. Melansir laman berita Haaretz.com, pada 2018 silam Karachi sempat diserang oleh miliaran lalat yang mewabah di pusat kota. Hal ini terjadi karena kondisi kota yang semakin memburuk akibat kondisi sanitasi dan pengelolaan limbah yang kacau balau.

Serangan tikus menyebabkan kematian sebagian besar penduduk

Serangan Hewan Hama Terburuk dalam Sejarah

Pada abad ke-14 silam terdapat wabah mematikan yang memusnahkan banyak kehidupan di seluruh dunia, wabah itu dinamakan Black Death atau Maut Hitam. Wabah maut ini disebabkan oleh bakteri atau kuman bernama Yersinia Pestis, yakni bakteri jahat yang dapat tumbuh subur dengan atau tanpa oksigen. Bakteri mematikan ini dibawa oleh tikus, dan memang pada zaman itu penanggulangan terhadap hama tikus belum maju dan canggih seperti saat ini. Laman sains Livescience.commengungkap bahwa korban meninggal akibat wabah ini sangat masif. Mulai dari Eropa, Afrika, Asia, dan Timur Tengah.

Serangan rayap yang merugikan banyak pihak

Tentu kamu tahu jika rayap merupakan hewan hama yang paling menjengkelkan. Rayap akan tanpa ampun menghabisi semua perabotan rumahmu, dan bahkan mereka juga akan merobohkan rumahmu hanya dalam jangka waktu beberapa bulan. Faktanya, hewan yang sebagian besar terlahir buta ini telah mengakibatkan kerugian ratusan sampai ribuan triliun Rupiah di seluruh dunia. Tidak ada pestisida atau obat antihama yang benar-benar efektif dapat mencegah rayap.

Wabah hama belalang yang pernah terjadi di Mesir

Serangan Hewan Hama Terburuk dalam Sejarah. Belalang telah lama dianggap hama perusak tanaman oleh sebagian besar orang di dunia. Jumlah kerugian yang ditimbulkan bisa sangat besar, dan bahkan dapat mengakibatkan bencana kelaparan. Zaman dulu, Mesir pernah mengalami wabah belalang secara masif, yang bahkan kisahnya diceritakan dalam Kitab Suci. Menurut para ilmuwan, kejadian wabah yang dulu sempat terjadi di Mesir memang benar-benar terjadi, dan telah mengakibatkan bencana kelaparan hebat. Betgesit.com

serangan miliaran ekor belalang yang mengguncang perekonomian negara Kenya

Di zaman modern ini serangan wabah atau hama belalang juga pernah terjadi dengan skala masif. South China Morning Post dalam laman resminya memberitakan bahwa baru-baru ini Kenya telah mengalami wabah belalang terburuk sejak 70 tahun terakhir. Ada miliaran ekor belalang yang telah membabat habis hasil tanaman penduduk Kenya, dan negara itu tengah menghadapi bencana kelaparan hebat akibat wabah hama ini.