Sayuran yang Baik untuk Penderita Ginjal

GESITQQ LOUNGE, Sayuran yang Baik untuk Penderita Ginjal. Sayuran yang bagus untuk penderita ginjal antara lain kembang kol, soba, kubis, lobak, paprika, dan bawang bombay. Sayuran-sayuran tersebut rendah fosfor, kalium dan sodium, sehingga tidak sulit di cerna ginjal.

Pola makan sehat menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Sayuran untuk penderita ginjal dapat membantu melindungi kondisi ginjal dan mencegahnya mengalami kerusakan lebih lanjut.

Penderita ginjal khususnya gagal ginjal mungkin harus membatasi beberapa makanan dan asupan cairan, sehingga cairan dan mineral lain seperti misalnya elektrolit, tidak terlalu menumpuk di dalam tubuh dan mencegah kerusakan lebih lanjut.GESITQQ REGISTER

Sayuran yang Baik untuk Penderita Ginjal

1. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang baik untuk penderita ginjal

Kembang kol adalah sayuran untuk penderita ginjal yang bergizi tinggi karena mengandung nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, vitamin K, folat, dan serat. Selain itu, kembang kol juga memilki banyak kandungan senyawa antiinflamasi seperti indoles.

2. Soba

buckwheat atau soba adalah biji-bijian utuh yang sangat bergizi. Soba menyediakan vitamin B, magnesium, zat besi dan juga serat dalam jumlah yang baik.

Ini juga bebas gluten sehingga baik di konsumsi oleh penderita penyakit celiac atau intoleransi gluten. Jika di bandingkan dengan biji-bijian utuh lainnya yang cenderung tinggi fosfor, soba merupakan pengecualian yang sehat.

3. Kubis

Kubis atau kol termasuk sayuran yang baik untuk penderita ginjal karena sarat dengan vitamin, mineral, serta fitokimia.

Selain menyediakan serat tidak larut, kubis juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, dan vitamin B yang baik. Tidak hanya itu saja, kubis juga rendah kalium, fosfor, dan natrium.

4. Lobak

Lobak putih adalah sayuran yang baik untuk penderita ginjal

Lobak adalah sayuran renyah yang cocok di tambahkan ke dalam menu makanan penderita penyakit ginjal. Ini karena lobak sangat rendah kalium dan fosfor tetapi tinggi dalam banyak nutrisi penting lainnya seperti vitamin C.

5. Paprika

Paprika mengandung banyak vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Selain itu, sayuran ini juga memiliki jumlah nutrisi yang mengesankan tetapi rendah kalium. Tak hanya itu, paprika juga sarat dengan vitamin A yang penting untuk kekebalan tubuh.

6. Bawang bombay

Bawang bombay juga pilihan yang baik sebagai karena bebas natrium. Cocok di jadikan sebagai penyedap berbagai masakan yang di sajikan untuk orang yang mengalami penyakit ginjal.

Di dalam bawang bombay juga terkandung vitamin C, mangan, dan vitamin B yang tinggi serta dengan serat probiotik yang menyehatkan sistem pencernaan.

7. Jamur Shiitake

Sayuran dengan rasa yang gurih ini bisa di gunakan dalam diet ginjal sehat sebagai pengganti daging bagi mereka yang perlu membatasi protein.

Jamur shiitake juga lebih rendah kalium jika di bandingkan jamur kancing putih dan portobello namun kaya akan vitamin B, tembaga, mangan, selenium, protein nabati, dan serat makanan.