Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan

GesitpokerLoungeMisteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan. Disadari atau tidak, lautan adalah tempat yang paling banyak menyimpan misteri. Permukaannya yang sangat luas dan kedalamannya yang tidak dapat diraih membuat penjelajahan manusia dapat dibilang terbatas. Buktinya, masih banyak fenomena di lautan yang sulit untuk dijelaskan. Apa sajakah itu? Mulai dari keanehan Laut Baltik hingga Segitiga Bermuda, berikut ini 12 misteri laut yang sulit untuk dipecahkan!

Benda misterius di Laut Baltik

Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan

Pada tahun 2011, penjelajah laut menemukan objek berbentuk lonjong yang aneh di dasar Laut Baltik. Objek yang ada di kedalaman 91,4 meter itu dipindai menggunakan cahaya sonar. Hasilnya pun cukup mengejutkan.  Penjelajah tersebut mendapatkan bentuk aneh yang sama sekali tidak terlihat natural. Teori-teori konspirasi pun mulai bermunculan. Ada yang berpendapat bahwa itu merupakan jejak alien yang mendarat di Bumi. Ada pula yang mengatakan bahwa objek tersebut bisa jadi merupakan teknologi perang rahasia. 

Empat kapal selam yang hilang bersamaan di tahun 1968

Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan

Empat kapal selam menghilang secara misterius dalam tahun yang sama, yaitu 1968. Pertama, INS Dakar menghilang pada 25 Januari, kemudian disusul dengan kapal Minerve pada 27 Januari. Dua kapal berikutnya adalah K-129 dari Soviet dan USS Scorpion dari Amerika Serikat. Misteri penyebab tenggelamnya kapal selam tersebut masih belum bisa dipecahkan.

Monumen Yonaguni di Jepang

Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan

Saat penjelajah sedang mencari hiu martil di Samudra Pasifik, mereka justru menemukan hal lain yang lebih besar. Ia adalah Monumen Yonaguni yang terletak di dekat negara Jepang. Monumen tersebut terlihat seperti bangunan kuno besar yang terbuat dari batu. Panjangnya 50 meter, sedangkan lebarnya 20 meter.  Betgesit.com

Palung Mariana

Jika kamu mencari area paling dalam yang ada di Bumi, maka Palung Mariana di Samudra Pasifik jawabannya. Dilansir dari National Geographic, kedalaman palung tersebut bisa mencapai 11.034 meter. Benar, Mariana bisa menenggelamkan Gunung Everest yang tingginya mencapai 8,8 ribu meter.  Namun apa yang ada di dalam sana? Hingga saat ini, belum ada ekspedisi yang bisa menjelajahi kedalaman Mariana. Penjelajahan paling jauh hanya bisa mengeksplornya hingga kedalaman 2,13 ribu meter saja. Sebab belum ada teknologi yang bisa menghalau tekanan air yang sangat besar. Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan.

Kota bawah air di Kuba

Ingin tahu rasanya tinggal di dalam lautan? Cobalah ke kota bawah air di Kuba. Para arkeolog menemukannya di tahun 2001. Berbekal cahaya sonar, mereka pun mendapati adanya struktur bangunan kuno di kedalaman 700 meter di bawah permukaan.  Setelah ditelusuri, memang banyak puing-puing bangunan, berbagai patung, dan tanda-tanda kehidupan lain di sana. Dilansir dari National Geographic, peradaban tersebut kemungkinan milik Suku Maya atau masyarakat Yucateous.