Minum Soda Plus Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran?

Minum Soda Plus Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran?

GESITPOKER Minum Soda Plus Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran? Ada mitos yang menyatakan bahwa minum soda dan makan nanas saat hamil bisa membuat wanita mengalami keguguran. Mitos ini cukup banyak di percaya hingga membuat banyak ibu hamil menghindari untuk mengonsumsi keduanya. Bahkan, ada orang yang sengaja ingin menggugurkan kandungannya dengan mengonsumsi keduanya. Lantas, seperti apa kebenarannya dari sisi medis?

Bolehkah minum soda dan makan nanas saat hamil?

Faktanya, baik nanas maupun soda sama-sama aman di konsumsi saat hamil. Namun, yang perlu di perhatikan sebenarnya adalah porsinya. Selama tidak berlebihan, nanas dan soda tetap bisa di konsumsi tanpa menimbulkan efek samping, baik untuk ibu maupun janin. Masalah baru akan muncul jika ibu mengonsumsinya dalam porsi yang terlalu besar.

Nanas mengandung senyawa yang di namakan bromelain. Bromelain adalah enzim yang bekerja dengan memecah protein di dalam tubuh. Di karenakan janin yang baru tumbuh mengandung sel protein sederhana, maka kandungan bromelain di dalam nanas di duga bisa menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Dugaan ini tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, tablet bromelain memang tidak direkomendasikan untuk diminum saat hamil karena bisa memecah protein di dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan.

Namun, perlu di garis bawahi bahwa satu hingga dua porsi nanas dalam seminggu tidak akan berpengaruh buruk pada kehamilan Anda. Kecuali jika Anda mengonsumsi 7 hingga 10 buah nanas segar sekaligus.

Begitu pun dengan soda, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa soda bisa menyebabkan keguguran. Namun, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi soda sesuka hati saat hamil. Soda mengandung pemanis buatan seperti aspartam yang bisa berdampak buruk pada tumbuh kembang janin.  Selain itu, soda juga mengandung berbagai zat yang bisa berdampak kurang baik pada janin seperti kafein, asam karbonat, dan zat aditif lainnya.

Menurt dr. David Elmer, seorang dokter kandungan di Nantucket Cottage Hospital di Massachusetts, Amerika Serikat, aspartam bisa menyebabkan cacat lahir. Namun, hal ini hanya terjadi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, Elmer menyatakan Anda tetap bisa minum soda sesekali karena tidak akan memberikan pengaruh buruk untuk tumbuh kembang janin.

Dengan begitu, dapat di simpulkan bahwa minum soda dan makan nanas saat hamil secara berbarengan tidak menyebabkan keguguran. Apalagi jika Anda mengonsumsinya sesekali saja dan dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Panduan aman minum soda dan makan nanas saat hamil

Nanas mengandung vitamin C, folat, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B6. Semua zat ini di perlukan tubuh untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, jangan takut untuk makan nanas saat hamil asalkan tidak berlebihan.

Agar terhindar dari efek yang mungkin terjadi, di trimester pertama sebaiknya Anda membatasi jumlah nanas yang di makan. Meski tidak membahayakan, lebih baik mencegahnya dengan tidak mengonsumsinya sama sekali pada trimester pertama ini.

Selanjutnya, di trimester kedua Anda mulai bisa mengonsumsinya sebanyak 50 hingga 100 gr dalam dua hingga tiga kali seminggu. Sementara di trimester ketiga Anda bisa memakan 250 gram nanas sekaligus, tetapi tetap tidak boleh berlebihan. Batasi porsinya karena ini dapat memicu kontraksi rahim.

Untuk soda, sebaiknya Anda tidak meminumnya lebih dari satu kaleng per hari. American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan ibu hamil untuk tidak minum kafein lebih dari 200 mg per hari. Semakin sedikit jumlah kafein yang di konsumsi maka akan semakin baik untuk kesehatan ibu dan janin. Minum Soda Plus Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran. GESITPOKERLOUNGE