Mengenal Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

BERITAGESIT.COM-Mengenal Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan. Lobak putih (Raphanus sativus L) adalah sayuran akar dari keluarga Brassicaceae yang dapat di makan. Tanaman ini memiliki akar tunggang yang membengkak, berdaging seperti umbi, dan berwarna putih bersih sehingga inilah yang di kenal sebagai lobak putih. Lobak termasuk jenis sayuran yang berasal dari Tiongkok sehingga tidak jarang di sebut sebagai lobak Cina atau lobak oriental. Di Indonesia, lobak putih banyak di manfaatkan sebagai lalap, di buat acar atau asinan, maupun di masak sebagai sayur.

Mengenal Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

Makan makanan yang kaya nutrisi seperti lobak putih akan mendatangkan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut manfaat sayur lobak yang tidak boleh di lewatkan:

1. Menurunkan risiko terkena penyakit kronis

Polifenol dalam lobak putih memiliki dua jenis antioksidan spesifik, yakni asam ferulik dan quercetin. Kedua antioksidan ini terbukti secara klinis mampu menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko Anda terkena peradangan internal dan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh.

2. Membantu menjaga atau menurunkan berat badan

Lobak putih bukan hanya rendah kalori, namun juga rendah karbohidrat dan kaya serat. Hal ini membuat lobak putih cocok di konsumsi oleh orang yang sedang ingin menurunkan berat badan maupun ingin selalu menjaga agar berat badannya tetap ideal. Kandungan serat pada lobak putih dapat menghadirkan efek kenyang lebih lama pada perut Anda karena serat memperlambat pencernaan sehingga Anda tidak mudah merasa lapar.

3. Mengatasi gangguan usus

Lobak putih mengandung serat yang cukup tinggi. Secara khusus, mengonsumsi makanan yang di perkaya dengan sayuran tinggi serat seperti lobak, bisa mengurangi risiko masalah usus, termasuk di vertikulitis (peradangan/infeksi pada kantung di usus besar).

4. Meningkatkan kesehatan mata

manfaat lobak putih lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Lobak mengandung antioksidan lutein yang di kenal dapat mencegah makula, yakni kondisi penyebab pandangan buram atau buta. 

5. Menurunkan tekanan darah

Makanan bernitrat seperti lobak, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko menempelnya trombosit dalam darah. Lobak juga mengandung kalium yang bisa melepaskan natrium dari tubuh, sehingga pembuluh darah dapat melebar dan tekanan darah bisa di turunkan.POKER ONLINE