Mengenal Doomscrolling dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental

Mengenal Doomscrolling Terhadap Kesehatan Mental

GESITQQ_LOUNGE – Mengenal Doomscrolling Doomscrolling memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental. Kebiasaan ini dapat memicu dan memperburuk kecemasan, stres, atau depresi yang dipicu oleh kecenderungan untuk terus melihat berita buruk

Doomscrolling menggambarkan kebiasaan menggulir media sosial secara intens pada jangka waktu yang lama, hanya untuk membaca berita buruk dan unggahan negatif. Kondisi ini dikaitkan erat dengan pandemi COVID-19 yang membuat orang-orang terlalu lama berdiam di rumah, tanpa melakukan interaksi dan sosialisasi dengan orang lain.

Aktivitas ini mungkin dilakukan sebagai salah satu cara untuk tetap mengikuti perkembangan berita. Akan tetapi, hal ini justru dengan cepat berubah menjadi kebiasaan buruk, dan bagi sebagian orang menjadi obsesi untuk mengisi waktu karena kekosongan dan tidak dapat beraktivitas di luar rumah.

Mengenal Doomscrolling Terhadap Kesehatan Mental

Kamu melakukan scrolling di akun media sosial, mungkin kamu akan melihat banyak berita-berita negatif. Contohnya seperti kriminalitas hingga kasus kesehatan yang sedang menyerang bayi dan balita. Semua berita ini membuat kamu merasa sesak, marah, atau bahkan menjadi lebih buruk lagi, tetapi kamu tidak dapat berhenti untuk terus membacanya.

Efek Doomscrolling Terhadap Kesehatan Mental

Doomscrolling dapat sangat memengaruhi kesehatan mental. Beberapa efek dari terus melakukan kebiasaan ini, di antaranya:

Menguatkan pikiran dan perasaan negatif

Ketika kamu merasa tertekan atau cemas, ada kecenderungan untuk mencari berita dan informasi untuk mengonfirmasi perasaan tersebut. Ini adalah siklus berbahaya yang membuat kamu merasa rendah diri.

Memperparah masalah kesehatan mental

Doomscrolling juga membuat kondisi kesehatan mental yang telah ada menjadi lebih buruk. Jika kamu mengalami depresi atau gangguan kecemasan, atau rentan terhadap kondisi ini, kebiasaan tersebut dapat memicu episode atau memperburuk gejala.

Meningkatkan kecemasan dan kepanikan

Menggulir berita negatif mengarah pada perenungan, kebiasaan buruk yang memperburuk depresi. kebiasaan ini juga bisa membuat kamu merasa panik dan bahkan bisa memicu serangan panik.

Mengganggu tidur

Banyak orang cenderung menelusuri akun media sosial mereka sebelum tidur, yang justru dapat meningkatkan kecemasan dan membuat tidur menjadi tidak berkualitas. Dampaknya tentu meningkatkan stres dan masalah kesehatan mental lainnya

Unggahan yang bertentangan bisa memicu gelisah

Situs media sosial umumnya mengizinkan semua jenis unggahan, entah benar atau tidak. Sayangnya, membaca unggahan yang mungkin bertentangan dengan diri kamu justru bisa meningkatkan rasa gelisah

Memicu peningkatan hormon stres

Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial, terlebih melakukan doomscrolling akan meningkatkan kadar hormon stres kortisol dan adrenalin. Semakin sering doomscrolling, semakin banyak kortisol dan adrenalin yang dilepaskan di otak dan tubuh. Hal ini menyebabkan lebih banyak stres dan kelelahan baik secara mental maupun fisik.

BACA JUGA : Mengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Bagaimana Caranya Supaya Terhindar dari Doomscrolling?

Berikut adalah beberapa langkah nyata yang dapat kamu ambil untuk memulihkan kesehatan mental dari efek negatif doomscrolling:

Tetapkan batasan dan waktu

Tetapkan batas waktu untuk penggunaan media sosial dan situs berita apa pun. Kamu dapat tetap mendapat informasi dan terhubung dengan teman, tetapi lakukan dengan batasan. Selain itu, tetapkan pula waktu dalam menggunakan situs-situs ini

Jauhkan ponsel sebelum tidur

Simpan ponsel di ruangan lain, atau jika membutuhkannya untuk alasan keamanan, simpan di sisi lain ruangan sehingga kamu tidak bisa mengambilnya begitu saja. Alih-alih melihat ponsel, kamu bisa membaca buku sebelum tidur.

Fokus pada hal yang positif

Misalnya, gunakan media sosial untuk menjangkau dan tetap terhubung dengan orang-orang yang tidak dapat kamu lihat secara langsung. Blokir siapa pun yang unggahannya membuat kesal atau cemas.

SUMBER BERITA : GESITQQ