Manfaat Teh Rosella Minuman Olahan Bunga yang Menyehatkan

GESITQQ LOUNGE, Manfaat Teh Rosella Minuman Olahan Bunga yang Menyehatkan. Berbagai manfaat bunga rosella, seperti mencegah kanker atau menyehatkan jantung, dapat Anda nikmati dalam bentuk serbuk atau teh rosella.

Bosan minum teh tradisional yang itu-itu saja, seperti teh hijau, teh hitam, atau oolong? Sudah saatnya Anda mencoba teh yang bila di seduh berwarna merah menyala, yakni teh yang terbuat dari bunga rosella.

Rosella (Hibiscus sabdariffa) adalah tumbuhan jenis semak yang termasuk keluarga Malvaceae. Tumbuhan ini berasal dari Afrika, tapi kini sudah banyak di budidayakan di wilayah tropis dan subtropis, seperti India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Banyak bagian dari tumbuhan rosella ini yang di manfaatkan untuk di jadikan berbagai olahan makanan, tapi bagian rosella yang paling populer di manfaatkan adalah bunganya. Selain membuat warna makanan atau minuman jadi merah menyala.

Bunga rosella banyak di olah menjadi teh yang secara alami tidak mengandung kalori dan kafein, seperti teh tradisional pada umumnya. Warna merah pada bunga rosella di percaya di dapat dari kandungan antosianin (senyawa turunan polifenol) yang memang terdapat pada tumbuhan berwarna mencolok.

Selain kandungan di atas, manfaat bukan rosella juga datang karena adanya vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam 57 gram bunga rosella terdapat 123 mg kalsium, 0,84 mg zat besi, 6,8 mg vitamin C, 29 mg magnesium, 6,45 g karbohidrat, 21 mg fosfor, 119 mg potasium, 0,016 mg vitamin B2, dan sedikit Vitamin A.GESITQQ REGISTER

Manfaat Teh Rosella Minuman Olahan Bunga yang Menyehatkan

  • Mencegah radikal bebas

Manfaat teh rosella yang pertama di hasilkan oleh kandungan antioksidannya yang mampu melawan radikal bebas, salah satu faktor terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh. Ekstrak bunga rosella terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas hingga 92 persen.

  • Mencegah kanker

Kandungan polifenol yang banyak terdapat pada tanaman hibiscus terbukti memiliki efek antikanker. Dengan ekstrak bunga rosella dalam teh dapat menekan pertumbuhan sel kanker pada mulut dan plasma, mencegah penyebaran sel kanker prostat, serta mengurangi perkembangan sel kanker perut hingga 52 persen.

  • Menurunkan tekanan darah

Meminum teh rosella di percaya dapat menurunkan tekanan darah, baik tekanan sistolik maupun diastolik. Penurunkan tekanan darah juga segaris dengan kesehatan jantung karena makin tinggi tekanan darah, makin rentan Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti stroke dan serangan jantung.

  • Menstabilkan kolesterol

Konsumsi teh rosella baik bagi jantung, bukan hanya karena dapat menurunkan tekanan darah, namun juga karena mampu menstabilkan kolesterol. 

  • Menyehatkan hati

Kandungan dalam bunga rosella dapat memecah lemak pada hati sehingga menurunkan risiko terjadinya gagal hati.