Manfaat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Cegah Berat Badan Naik hingga Dehidrasi

gesitQQLOUNGE – Populernya air lemon sebagai minuman sehat di pagi hari tampaknya bukan tanpa alasan.

Banyak restoran menyajikannya secara rutin, dan beberapa orang memulai hari mereka dengan air lemon sebagai pengganti kopi atau teh. Hal ini karena air perasan lemon dipercaya membuat kamu jauh lebih sehat.

Memang tak banyak penelitian ilmiah yang secara khusus meneliti manfaat air lemon.

Namun, bukan berarti minum air lemon tak memiliki manfaat sama sekali. Sebab, masih ada banyak penelitian kuat mengenai manfaat lemon dan air secara terpisah.

Namun, untuk mencapai manfaat penuh minuman ini, kamu perlu meminumnya secara konsisten; setengah buah lemon segar diperas ke dalam 250 ml air hangat atau dingin.

Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut 5 manfaat rutin minum air lemon di pagi hari yang perlu kamu ketahui!

1. Mencegah dehidrasi

5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Cegah Berat Badan Naik hingga Dehidrasi (25)

Menurut Food and Nutrition Board, pedoman umum menyatakan bahwa setiap orang harus mengonsumsi air minimal 2,6 sampai 3,6 liter setiap hari —dari makanan dan minuman.

Maka dari itu, air adalah minuman terbaik untuk menjaga kamu tetap terhidrasi sehingga tak mengalami dehidrasi.

2. Sumber vitamin C yang baik

5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Cegah Berat Badan Naik hingga Dehidrasi (26)

Mengutip Healthline, buah jeruk seperti lemon kaya akan kandungan vitamin C —antioksidan yang membantu melindungi sel dari radikal bebas yang berbahaya.

Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

Meskipun lemon tidak termasuk dalam daftar tertinggi buah jeruk yang kaya vitamin C, lemon masih merupakan sumber yang baik.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, segelas jus lemon dapat menyediakan sekitar 18,6 miligram vitamin C. Melengkapi sebagian dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa, yaitu sekitar 65 hingga 90 miligram.

3. Mendukung penurunan berat badan

5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Cegah Berat Badan Naik hingga Dehidrasi (27)

Penelitian yang dilakukan pada tikus obesitas telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon, secara signifikan dapat mengurangi penambahan berat badan.

Dalam studi ini, senyawa antioksidan juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin —dua faktor utama penyebab diabetes tipe 2.

Namun, ini masih belum jelas, entah karena orang-orang tersebut minum lebih banyak air dan merasa kenyang atau karena jus lemon itu sendiri.

4. Meningkatkan kualitas kulit

5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Cegah Berat Badan Naik hingga Dehidrasi (28)

Kandungan vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Setelah mengonsumsi campuran air 240 mililiter dengan setengah jeruk lemon di pagi hari selama seminggu, Gianluca Russo menemukan kalau kualitas kulitnya jadi lebih baik; tidak ada jerawat, bintik-bintik hitam, ataupun minyak berlebih.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Pagi, Cegah Berat Badan Naik hingga Dehidrasi (29)

Beberapa orang minum air lemon di pagi hari dengan tujuan mencegah sembelit. Minum air lemon hangat saat bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan kamu bekerja normal.Dalam pengobatan Ayurveda, mengatakan rasa asam lemon dapat membantu merangsang “agni”. Agni yang kuat dapat memulai sistem pencernaan —memungkinkan kamu mencerna makanan dengan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun.