Manfaat Membiarkan Anak Main Hujan

Manfaat Membiarkan Anak Main Hujan

GESITPOKER Manfaat Membiarkan Anak Main Hujan. Sering kali, permintaan anak main hujan-hujanan jarang di turuti oleh orangtua. Para orangtua khawatir, hujan bisa bikin sakit buah hati mereka. Tapi, tahukah Anda bahwa dengan main hujan, anak banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan untuk tubuh mereka? Selain itu, hujan tidak melulu menyebabkan sakit untuk si kecil. Mau tahu apa manfaat anak main hujan Yuk, simak manfaat dan tipsnya di bawah ini. Manfaat yang di dapat ketika anak bermain di bawah hujan

1. Menambah pengetahuan anak

Saat anak main hujan, Anda bisa ikut menemani sambil menjaga anak. Anda pun bisa menjelaskan secara sederhana pada si kecil tentang hujan, dari mana hujan, apa bahayanya jika terlalu lama hujan, atau semua pertanyaan yang di lontarkan si kecil tentang keingintahuannya terhadap hujan dan alam.

2. Menambah kemampuan fisik dan motorik

Ketika si kecil bermain di bawah hujan, ia akan menggerakan seluruh tubuhnya untuk melompat menengok ke atas (melihat sumber hujan turun), menadah hujan dengan tangan, mencipratkan air, hingga merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin. Daya gerak dan aktivitas anak tersebut akan merangsang stimulasi motorik serta kemampuan fisik yang optimal, terutama rangsangan kulit yang langsung terkena air.

3. Merangsang kreativititas dan imajinasi anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang berimajinasi dan mendapatkan inspirasi ketika hujan turun. Nyatanya, saat anak main hujan, imajinasi dan kreativitasnya akan muncul seiring dengan khayalan mereka. Misalnya, dengan bermain perahu kertas di genangan hujan, menyiram tanaman dengan air hujan, dan masih banyak lainnya. Saat hujan, si kecil akan mencoba berpikir kreatif, di tambah melakukan dengan cara yang menyenangkan.

Yang harus di perhatikan saat mengijzinkan anak main hujan-hujanan

1. Jangan di hujan pertama

Ketika hendak mengizinkan anak main hujan, hindari hujan pertama yang turun pertama kali. Mengapa? Hujan yang turun pertama kali (setelah beberapa waktu tidak hujan), adalah hujan yang berfungsi membersihkan polusi udara. Polusi udara, debu dan kotoran di udara, akan terbawa bersamaan dengan air hujan, efek untuk si kecil pun jadi tidak sehat. Nah, untuk mencegah si kecil jatuh sakit, baiknya tunggu hingga hujan ke 3 atau ke 4 dalam kurun waktu beberapa hari.

2. Setelahnya, segera copot baju basah dan mandi air hangat

Setelah si kecil selesai main hujan-hujanan, segera lepaskan baju anak yang sudah basah kuyup. Hal tersebut berguna agar kelembaban tidak meresap hingga paru-paru si kecil. Jangan lupa untuk membersihkan badan setelahnya, gunakan air hangat untuk menyeimbangkan suhu dingin sebelumnya. Di sarankan juga untuk merendam dan menggosok kaki dengan air garam hangat, atau menggunakan sabun antiseptik, agar mencegah adanya infeksi bakteri yang terbawa air hujan.

3. Beri asupan makanan hangat dan tidur setelahnya

Dinginnya udara ketika hujan turun memang tidak bisa di hindari. Ketika anak Anda selesai main hujan dan membersihkan diri, ada baiknya Anda memberi makanan atau minuman hangat seperti sup, susu, atau teh. Setelah main hujan, tubuh si kecil akan merasa dingin dan lapar, maka inilah waktu yang tepat untuk menghangatkan organ-organ di dalamnya.

Sehabis mengisi perut, jangan lupa untuk istirahat, karena fisik dan tenaga anak sudah terkuras habis saat bermain di bawah hujan sebelumnya. Istirahat yang cukup juga dapat menghindari anak terhindar dari sakit. Manfaat Membiarkan Anak Main Hujan. GESITPOKERLOUNGE