Mampu Atasi Nyeri Haid, Ini 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam

Mampu Atasi Nyeri Haid, Ini 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam

GESITQQ_LOUNGE – Mampu Atasi Selain membantu mengatasi nyeri menstruasi, manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Mulai dari mengatasi mood swing hingga mencegah diabetes

Di buat dari gabungan rempah kunyit dan asam Jawa, jamu kunyit asam menjadi minuman tradisional yang di percaya memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu mengatasi nyeri menstruasi. Tentunya, manfaat jamu kunyit asam satu ini bukan tanpa alasan.

Mampu Atasi Nyeri Haid, Ini 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam

Penelitian dalam Complementary Therapies in Medicine menyebutkan bahwa senyawa curcumin pada kunyit memiliki pengaruh terhadap karakteristik fisik, perilaku, dan emosi wanita menjelang periode menstruasi. Ini juga termasuk dengan kram perut, rasa lelah berlebihan, dan perubahan pada suasana hati.

Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan

Apa saja manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

Mengontrol suasana hati

Saat memasuki periode menstruasi, terjadi perubahan hormon yang dapat membuat emosi berubah dengan sangat signifikan. Ini menjadi hal yang lumrah saat seorang wanita yang sedang menstruasi menjadi lebih sering sedih atau marah tanpa sebab yang jelas.

Seperti di sebutkan dalam Journal of Affective Disorders, manfaat jamu kunyit asam untuk mengatasi perubahan suasana hati bekerja dengan menyeimbangkan senyawa kimia di otak, sehingga mengurangi dan mencegah wanita mengalami mood swing ketika sedang menstruasi. Selain itu, berikut manfaat jamu kunyit asam lainnya untuk kesehatan tubuh:

Sebagai antioksidan

Kerusakan oksidatif di yakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Proses ini melibatkan radikal bebas yang cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein, atau DNA.

BACA JUGA : Mengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh dari radikal bebas. Kurkumin memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas karena struktur kimianya

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir aksi radikal bebas dan merangsang aksi antioksidan lainnya. Namun, studi klinis lebih lanjut di perlukan pada manusia untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Mengurangi risiko diabetes

Diabetes menjadi masalah kesehatan yang berhubungan dengan gangguan kadar gula darah dalam tubuh, dalam hal ini kadarnya terlalu tinggi. Guna membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga mengurangi risiko , kamu bisa mengonsumsi jamu kunyit asam secara teratur.

Studi yang di publikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan, kunyit bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang tinggi. Rempah satu ini terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang mengacu pada penurunan kadar gula darah.

Mengobati sakit maag

Manfaat jamu kunyit asam lainnya adalah membantu mengurangi gejala sakit maag. Gangguan kesehatan ini adalah wujud dari refluks asam yang lebih buruk dan bertahan lama, membuat ulu hati terasa nyeri yang tidak kunjung mereda.

Seperti di sebutkan dalam Systematic Reviews, tanaman herbal ini membantu menurunkan tingkat kekambuhan gejala dari sakit maag. Ini berkat kandungan kurkumin pada kunyit yang turut berperan dalam mengontrol pembentukan empedu dan asam lambung yang berlebih.

Meningkatkan imunitas

Manfaat jamu kunyit asam terakhir adalah membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ini berkat kandungan antiperadangan dan antibakteri. Jika imunitas tubuh kuat, tentunya dapat membuat tubuh lebih aktif dalam melawan berbagai bakteri dan kuman penyebab penyakit.

SUMBER BERITA : GESITQQ