Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara – GesitQQ – Tahun baru 2020 sudah di depan mata. Saatnya menyiapkan hidangan tradisional khas tahun baru. Kalau keluargamu tidak memiliki makanan khusus tahun baru, kamu bisa mencoba makanan-makanan spesial tahun baru dari berbagai negara berikut ini.

Sejumlah negara punya makanan tradisional yang wajib ada setiap perayaan tahun baru. Makanan-makanan ini tujuannya adalah untuk membawa keberuntungan di tahun yang baru. Ada juga yang melambangkan kepergian tahun yang telah lalu.

Spanyol – Buah Anggur

Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Dilansir Travel and Leisure, warga Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya merayakan tahun baru dengan bersuka ria di lapangan utama sambil melahap anggur.

Dilansir Mashable, warga menyantap 12 buah anggur sambil menjelang detik-detik tahun baru. Tujuannya adalah untuk mendapatkan 12 bulan yang manis sepanjang tahun.

Filipina – 12 Buah Berbentuk Bulat

Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Orang Filipina menganggap benda-benda yang berbentuk bulat sebagai tanda keberuntungan, sebab bentuknya mirip dengan uang koin. Pada saat tahun baru mereka mengenakan baju bermotif polka dot dan memajang benda-benda berbentuk bulat.

Tak hanya itu, mereka juga menyajikan kue-kue berbentuk bulat. Mereka juga harus makan 12 jenis buah. 12 Jenis buah ini merupakan simbol dari 12 bulan yang ‘berbuah’ kemakmuran di tahun mendatang.

Skotlandia – Wiski, Roti hitam, dan Shortbread

Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Menurut situs Info Please, orang Skotlandia punya tradisi yang disebut Hongmanay saat tahun baru. Tadisi ini meliputi ‘kaki pertama’. Maksudnya saat malam pergantian tahun, orang-orang Skotlandia akan saling mengunungi dengan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru.

Menurut Elaine Lemm, ahli makanan Inggris dan Irlandia kepada About.com, kunjungan ke rumah tetangga disertai dengan oleh-oleh berupa arang untuk perapian, wiski, roti hitam (sejenis kue buah berwarna hitam), dan shortbread. Makanan yang bermacam-macam ini merupakan simbol keberuntungan yang bermacam-macam bagi si pemilik rumah.

Belanda – Oliebollen


Warga Belanda biasa menyambut datangnya tahun baru dengan hal-hal manis. Karena itulah mereka menyantap oliebollen. Kuliner Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Kue goreng yang masih satu keluarga dengan donat ini merupakan makanan tradisional Belanda. Oliebollen biasa disajikan pada malam tahun baru. Adonan oliebollen biasanya dicampur dengan apel yang dipotong dadu, kismis, atau manisan kulit jeruk.

Jerman – Glucksschwein


Babi adalah simbol keberuntungan dan kemakmuran di Jerman. Sementara itu, tahun baru sebaiknya disambut dengan yang manis-manis. Dari sanalah tradisi glucksschwein lahir.

Kue manis berbentuk babi ini merupakan perlambang dari tahun baru yang ekstra manis.

Amerika Serikat – Sayuran hijau


Kalau orang Jerman menyantap kue berbentuk babi, tradisi tahun baru di Amerika Serikat justru melibatkan sayuran hijau. Warga negeri Paman Sam biasa menyantap makanan dari sayuran berdaun hijau yang warnanya mirip dengan lembaran uang kertas.

Baca juga : 9 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan saat Liburan, Mudah dan Sederhana