Ketahui 5 Jenis Hubungan dengan Pasangan, Kamu Termasuk yang Mana?

gesitQQLOUNGE – Ladies, tahukah kamu bahwa menjalani hubungan asmara tidaklah semudah yang dibayangkan. Inilah jenis hubungan yang baik untuk membangun sebuah hubungan.

Hubungan tak selalu berjalan mulus dan romantis bak cerita drama, tetapi diperlukan komitmen dan komunikasi yang baik agar hubungan tetap langgeng.

Namun menurut psikolog klinis Robert Bob Taibbi, L.C.S.W., hubungan yang kita jalani dengan pasangan ini ternyata terbagi ke dalam lima jenis kategori hubungan. Psikolog yang sudah memiliki pengalaman di bidang psikologi lebih dari 20 tahun ini mengatakan bahwa masing-masing pasangan memiliki sifat dan ciri khasnya sendiri dalam sebuah hubungan.

1. Kompetitif – Ingin Mengontrol

Ketahui 5 Jenis Hubungan dengan Pasangan, Kamu Termasuk yang Mana? (7)

Jenis hubungan ini memiliki tingkat emosional yang intense karena masing-masing pihak kerap berargumen dan ingin masing-masing pasangan mengikuti kemauannya. Termasuk pula soal pola hubungan hingga urusan karier. Sayangnya, karena terlalu sering berargumen, pasangan ini menjadi individu yang kompetitif demi keinginannya tercapai.”Bila hal ini terus terjadi, dalam jangka panjang pasangan akan merasa bosan untuk berargumen dan memilih untuk berpisah. Atau, salah satu dari pasangan ini akhirnya bisa memegang kendali dalam sebuah hubungan dan mengontrol pasangannya untuk berdamai dalam mencari jalan keluar atas argumen yang dilakukan,” kata Robert.

2. Aktif – Pasif

Ketahui 5 Jenis Hubungan dengan Pasangan, Kamu Termasuk yang Mana? (8)

Dalam hubungan ini, pasangan pada dasarnya bertanggung jawab dalam menjalani hubungan.

Namun, pasangan lainnya bersikap pasif dan hanya menuruti apa yang diinginkan atau dikatakan pasangan.

Jenis hubungan seperti ini cukup netral, namun bila ada konflik, akan ada ketidakseimbangan dalam hubungan yang akhirnya memicu pertengkaran.

Sedangkan pasangan yang pasif akan merasa kehilangan arah sehingga membutuhkan orang lain untuk membimbingnya.

3. Agresif – Si baik hati

Ketahui 5 Jenis Hubungan dengan Pasangan, Kamu Termasuk yang Mana? (9)

Untuk hubungan jangka panjang, tipe hubungan seperti ini tidaklah disarankan. Pasangan yang agresif memiliki sifat ingin yang cenderung mengintimidasi dan memiliki masalah dalam mengelola emosi.

Mereka akan tetap bersikap baik dan berusaha memenuhi keinginan si pasangan agresif. Sehingga secara tak sadar, ia berada dalam kendali hubungan, bukannya berjalan beriringan.

4. Sama-sama bersikap cuek dan bodo amat

Ketahui 5 Jenis Hubungan dengan Pasangan, Kamu Termasuk yang Mana? (10)

Mereka sudah terbiasa menjalani hidup autopilot, sehingga hubungan terasa membosankan, tegang dan tak menarik. Biasanya, jenis hubungan ini terjadi bila sudah menjalani hubungan selama beberapa tahun. Alasannya beragam, bisa saja tak ada lagi chemistry atau justru tak ingin membicarakan masalah demi menghindari konflik.

Bahkan salah satu pasangan akan pergi dari hubungan karena merasa hal ini sudah sulit untuk diperbaiki,” lanjut psikolog yang juga penulis 11 buku ini.

5. Tim yang seimbang

Ketahui 5 Jenis Hubungan dengan Pasangan, Kamu Termasuk yang Mana? (11)

Dalam jenis hubungan ini, pasangan memposisikan diri mereka sebagai tim player yang seimbang. Tak ada yang memimpin lebih dulu dan tak ada yang berjalan di belakang. Keduanya dapat bekerja sama sebagai satu tim dan saling melengkapi, mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing serta mendukung dan membantu satu sama lain.Robert mengatakan, ini adalah tipe hubungan yang ideal untuk dijalani. Masing-masing pasangan peduli dengan pasangannya, meski nantinya akan ada konflik atau masalah yang muncul di kemudian hari, keduanya akan mampu mengatasinya dengan baik.