Kandungan Brokoli untuk Kesehatan

BeritaGesit – Kandungan Brokoli untuk Kesehatan. Kandungan brokoli amatlah mengesankan karena kaya vitamin, mineral, dan zat antioksidan. Sayuran cruciferous ini juga mengandung serat dan protein – sehingga tak salah jika menjadi kesayangan para pencinta hidup sehat.

Sayur brokoli merupakan jenis sayuran cruciferous yang berkerabat dekat dengan kale, bunga kol, dan kubis. Sayuran ini menjadi kesayangan para pencinta hidup sehat dan memiliki reputasi sebagai superfood. Reputasi positif sayur brokoli tersebut tentu diberikan oleh nutrisi dan kandungannya yang menyehatkan.POKER ONLINE

Kandungan Brokoli untuk Kesehatan

1. Karbohidrat

Karbohidrat sebagai kandungan gizi brokoli utamanya terdiri dari serat dan gula. Gula dalam sayuran hijau ini yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa – dengan sedikit laktosa dan maltosa.

2. Serat 

Selain gula, karbohidrat brokoli juga terdiri atas serat pangan. Serat menjadi nutrisi khas tumbuhan dan menjadi gizi yang penting untuk tubuh sehat. 

3. Protein

Untuk ukuran sayur-sayuran, brokoli memberikan protein dalam kadar yang cukup. Nutrisi ini penting untuk tubuh karena berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan.

4. Vitamin

Kandungan brokoli  lainnya yang tak bisa Anda lewatkan adalah vitamin. Berikut ini jenis vitamin utama yang terkandung dalam brokoli:

  • Vitamin C: Jenis vitamin antioksidan ini berperan dalam fungsi imun dan kesehatan kulit.
  • K1: Vitamin K1 berfungsi dalam proses pembekuan darah dan pemeliharaan kesehatan tulang.
  • B9: Disebut juga dengan folat, vitamin B9 berperan vital selama kehamilan dan dibutuhkan untuk fungsi sel dan pertumbuhan jaringan.

5. Mineral

Selain vitamin, kandungan brokoli lainnya yang termasuk dalam kategori nutrisi mikro yaitu mineral. Berikut ini beberapa jenis mineral yang kita dapatkan dari konsumsi sayur brokoli:

  • Kalium: Kalium merupakan mineral esensial yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Mangan: Mangan merupakan jenis elemen mikro yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil.
  • Zat besi: Zat besi merupakan mineral yang vital dalam transportasi oksigen ke dalam sel darah merah.