Ini Manfaat Buah Pinang untuk Tubuh dan Risiko Penggunaannya

Manfaat buah pinang salah satunya adalah menguatkan gigi

Ini Manfaat Buah Pinang GESITPOKER Lounge –  Buah pinang tampak seperti buah kelapa dengan ukuran yang lebih kecil. Buah ini punya manfaat dan khasiat gizi yang pas untuk kesehatan tubuh. Buah pinang berwarna hijau dengan ukuran sedang. Selain dikonsumsi, buah ini juga sering digunakan untuk keperluan lainnya seperti pembuatan sirih. Pohon buah ini cukup tinggi yaitu bisa mencapai hampir 30 meter.

Kandungan nutrisi buah pinang

Berikut ragam nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari 100 gram buah pinang:

  • Kalori: 339
  • Protein: 5,2 gram
  • Lemak: 10,2 gram
  • Karbohidrat: 56,7 gram
  • Natrium: 76 mg
  • Kalium: 450 mg
  • Kalsium: 400 mg
  • Fosfor: 89 mg
  • Zat besi: 4,9 mg

Mengulik potensi manfaat buah pinang

Selain itu, kegunaan asam askorbat saliva juga dapat membantu mencegah karsinogenesis di rongga mulut pada hewan percobaan.Tidak hanya itu, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenaiAnda.

1. Mencegah gigi berlubang

Ini Manfaat Buah Pinang Meski begitu, mengunyah pinang bisa membuat warna gigi berubah menjadi kuning, merah, bahkan cokelat kehitaman. Risikonya pun tidak sepadan dengan

2. Mengatasi mulut kering

Mengunyah buah pinang juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut dengan memicu keluarnya air liur. Sehingga, kebiasaan ini bisa memberikan manfaat untuk orang yang memiliki mulut kering. Namun, karena efek yang bisa muncul akibat mengunyah pinang cukup berbahaya, maka cara lain yang lebih aman sebaiknya jadi pilihan.

3. Mengurangi gejala skizofrenia

Ini Manfaat Buah Pinang juga dinilai dapat membantu mengurangi gejala yang muncul pada penderita Skizofrenia. Hanya saja, buah ini dapat memberikan efek samping lain berupa tremor dan kaku tubuh pada penderita skizofrenia.

4. Membantu penyembuhan stroke

lain yang mungkin belum diketahui banyak orang adalah membantu proses penyembuhan stroke.

5. Meningkatkan energi di tubuh

Buah pinang dapat memberikan energi dan stamina sekaligus euforia. Sehingga, buah ini seringkali dipercaya sebagai buah penambah energi. Bahkan, ada beberapa orang yang menggunakan buah pinang sebagai stimulan untuk menambah libido.

6. Meredakan gangguan kecemasan

Satu lagi manfaat buah pinang untuk kesehatan mental adalah untuk membantu meredakan gejala depresi.

7. Bantu keluarkan racun dari tubuh

Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang bisa mengonfirmasi manfaat pinang yang satu ini.

8. Baik untuk kesehatan darah

Ini Manfaat Buah Pinang Manfaat buah pinang dalam pengobatan tradisional rupanya belum juga habis.

9. Redakan gejala depresi

Buah pinang juga dipercaya dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang bisa memicu rasa stres di tubuh

Tapi penelitian dan penjelasan ilmiah mengenai manfaat ini sama sekali belum ada.  Oleh karena itu, saringlah informasi mengenai dengan lebih bijak. Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan buah pinang sebagai pilihan pengobatan.

Hati-hati, kebiasaan mengunyah pinang bisa picu kanker mulut

Saat ini, para pakar kesehatan telah mengeluarkan imbauan keras, agar masyarakat menjauhi kebiasaan mengunyah buah pinang. Karsinogen adalah zat yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.