Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui

GesitpokerLoungeFakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui. Sable merupakan mamalia berukuran kecil yang tersebar di wilayah China, Jepang, Kazakhstan, Korea Utara, hingga Rusia. Di Rusia, hewan ini dapat ditemukan hampir di seluruh daerah, sedangkan di Asia, populasinya jauh lebih sedikit.

Implantasi tertunda

Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui

Dari sekian banyaknya hewan, Sable termasuk salah satu hewan yang menggunakan implantasi tertunda dalam bereproduksi. Pada proses ini, mereka tidak mulai mengembangkan embrio untuk jangka waktu tertentu setelah berkembang biak. Dikutip dari seekor Sable dapat melahirkan 3-7 bayi dengan masa penundaan sekitar 8 bulan. Keluarga dari Mutelidae yang melakukan hal sama antara lain gajah laut, singa laut, berang-berang, dan armadillo.

Perilaku beragam

Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui . Dalam kondisi normal, Sable akan menghabiskan hari-hari mereka dengan mencari makanan dan berpatroli di wilayah mereka. Tapi jika mereka dihadapkan dengan perburuan yang sangat liar oleh manusia dan juga melewati musim dingin yang penuh hujan salju, maka mereka akan lebih aktif di malam hari. Betgesit.com

Cerdik dan tahan cuaca

Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui

Di cuaca yang keras, terutama daerah Rusia, Sable kerap memperlihatkan perilaku yang cerdik. Mereka akan dengan sigap menyimpan makanan di sarang agar tidak perlu repot-repot mencari makanan saat situasi krisis.

Mempunyai bulu yang sangat bagus

Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui

Menurut laman Animalia.bio, salah satu alasan yang menyebabkan Sable diburu oleh manusia adalah karena mereka mempunyai bulu yang sangat indah. Warna bulu mereka dapat berupa light brown, dark brown, dan mendekati black fur, di mana warna yang terang berada di perut sedangkan warna gelap ada di punggung dan ekor. Bulu Sable ini begitu tebal dan lembut, sangat cocok untuk dijadikan penghangat di musim dingin.

Habitat bervariasi

Fakta Sable yang Perlu Kamu Ketahui

Sable dapat hidup di mana saja. Mereka bisa bertahan di hutan, permukaan laut, sampai pegunungan tinggi sekalipun. Mereka sangat terampil dalam memanjat bermacam-macam pohon seperti cemara, pinus, cedar, larch, dan birch. Meskipun begitu, Sable ternyata lebih suka untuk membuat sarangnya di dalam tanah lho!

Makanan yang gak ribet

Sebagian besar makanan Sable adalah daging. Dengan mengandalkan pendengaran dan penciuman, mereka dapat memakan makanan berupa tikus, tupai, burung, telur, ikan, dan kelinci. Namun, apabila makanan seperti ini langka, mereka juga mau memakan buah-buahan dan kacang-kacangan.

Jarang berinteraksi dengan manusia

Sable adalah hewan yang tidak baik untuk dijadikan peliharaan. Ukuran tubuh yang memiliki berat berkisar 700-1800 gr serta panjang 35-50 cm boleh saja membuat mereka terlihat cute.Tapi, jangan salah, gini-gini, mereka rupanya mempunyai deretan gigi kecil yang sangat tajam! Mereka kini boleh diburu asalkan dengan izin khusus karena perburuan yang dilakukan oleh manusia sekarang tidak separah perburuan di zaman dahulu. Biasanya manusia akan mengembangbiakkan hewan yang berstatus Least Concern dari IUCN ini sebagai penghasil bulu yang bagus.