Fakta Gharial Buaya Yang Terancam Punah

GesitPokerLoungeFakta Gharial Buaya Yang Terancam Punah. Gharial menjadi salah satu jenis buaya yang endemik dari Asia Selatan, yang memiliki keunikan dengan moncong berbentuk pipih. Di mana umumnya buaya cenderung memiliki bentuk moncong yang besar dan kuat untuk menerkam mangsanya. Reptil bernama latin Gavialis gangeticus ini cenderung tidak banyak diketahui oleh banyak orang dan menjadi salah satu binatang eksotis di dunia. 

Mempunyai habitat alami di India

Fakta Gharial Buaya Yang Terancam Punah

Gharial merupakan reptil ordo Crocodilia yang masuk keluarga Gavialidae yang asli dari India dan Nepal. Selain itu binatang ini juga hanya ditemukan di beberapa cabang sungai yang ada di India utara dan Nepal saja, seperti Sungai Chambal, Girwa, Son dan Narayani.  Padahal sebelumnya juga ditemukan di berbagai sungai di India, Pakistan, Nepal dan Myanmar, seperti sungai Indus, Godavari dan Ayeyawari. 

Memiliki moncong yang pipih

Fakta Gharial Buaya Yang Terancam Punah

Fakta Gharial Buaya Yang Terancam Punah. Gharial juga mempunyai moncong yang berbeda dari kebanyakan buaya lainnya, di mana paruhnya berbentuk pipih, dengan gigi yang terlihat lebih runcing. Moncongnya yang pipih membuat reptil ini tidak berbahaya dan spesialis untuk berburu berbagai jenis ikan air tawar. Gharial juga cenderung banyak memangsa di dalam air, serta memiliki sensor di dalam moncongnya untuk mendeteksi gerakan-gerakan yang ada di dalam air. 

Termasuk buaya dengan ukuran cukup besar

Fakta Gharial Buaya Yang Terancam Punah

Reptil ini juga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, di mana panjang maksimumnya mencapai 6 meter, serta memiliki bobot mencapai 1 ton. Ukuran pejantannya jauh lebih besar dibandingkan dengan betinanya. Karena memiliki bobot yang cukup besar, maka reptil ini tidak dapat berjalan cepat di darat, namun dapat sangat agresif ketika berada di dalam air. 

Memiliki telur terbesar dibandingkan buaya lainnya

Bicara mengenai ukuran telur, maka gharial perlu diperhatikan karena reptil ini memiliki ukuran telur terbesar dibandingkan dengan jenis buaya lainnya. Bobot telurnya mencapai 0.5 kg, serta mampu menghasilkan 30-50 telur dalam sekali masa kawin. Buaya ini juga membuat sarang yang ada di pinggir sungai yang berbada dibandingkan dengan buaya lainnya yang ada di daratan.

Termasuk binatang terancam punah

Sayangnya binatang eksotis ini termasuk salah satu binatang terlangka di India, yang keberadaannya semakin terancam. Bahkan populasinya di alam liar diperkirakan terus mengalami penurunan, akibat dari kerusakan lingkungan, populasi ikan yang semakin sedikit dan perburuan. Yang mana populasi gharial saat ini diperkirakan hanya berjumlah sekitar 400 ekor saja di alam liar. GesitPoker