Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations

Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations

Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations – GesitQQ – Pariwisata Indonesia tengah mencapai titik prestasi baru. Beberapa destinasi wisata tanah air telah memuncaki daftar rekomendasi traveling internasional. Selain itu, empat desa wisata di Indonesia baru masuk daftar Sustainable Destinations Top 100.

Empat desa yang dimaksud adalah Desa Pemuteran (Bali), Desa Penglipuran (Bali), Desa Wisata Nglanggeran (Yogyakarta), dan Desa Pentingsari (Yogyakarta). Sustainable Destinations Top 100 sendiri dirilis oleh Global Green Destinations Days (GGDD) dan menyoroti destinasi wisata yang dianggap berhasil mewujudkan konsep pengelolaan berkelanjutan.

Sudah pernah berkunjung ke empat desa wisata ini? Kalau belum, silakan simak informasi singkatnya.

Desa Nglanggeran – Yogyakarta

Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations

Desa Wisata Nglanggeran terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi yang satu ini sudah langganan mendapat penghargaan sebagai desa wisata terbaik.

Beberapa apresiasi yang pernah didapatnya antara lain Desa Wisata Terbaik I Indonesia (2017), ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award 2017, dan ASEAN Sustainable Tourism Award (2018).

Desa Wisata Nglanggeran punya sejumlah objek wisata menarik. Misalnya gunung pruba Nglanggeran yang terkenal fotogenik atau Embung Nglanggeran di mana pengunjung bisa mencicipi berbagai kegiatan berkonsep ekowisata.

Desa Penglipuran – Bali

Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations

Penglipuran terkenal sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Kawasan desa wisata ini memang sangat terjaga. Unsur-unsur tradisional maupun kelestarian lingkungannya pun dijaga dengan baik oleh warga. Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations

Penglipuran dikelilingi hutan bambu seluas 45 hektare yang sekaligus berfungsi sebagai daerah resapan air. Sisanya berupa lahan yang dikelola secara tradisional. Hanya sebagian kecil saja yang difungsikan sebagai fasilitas umum.

Desa Pentingsari – Yogyakarta

Desa Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations

Desa Wisata Pentingsari berlokasi di Umbulharjo, Cangkringan, Yogyakarta. Terletak di lereng Gunung Merapi, sehingga memiliki udara yang sejuk.
Pentingsari memadukan konsep wisata alam dan budaya untuk menarik pengunjung. Desa ini juga populer sebagai lokasi home stay, field trip, dan outbond.

Desa Pemuteran – Bali


Pemuteran adalah desa tepi pantai yang menghadap Laut Bali. Letaknya tak begitu jauh dari Taman Nasional Bali Barat.

Daerah ini merupakan contoh nyata keberhasilan restrukturisasi. Awalnya cuma desa nelayan kumuh dengan kondisi lingkungan buruk dan kesulitan ekonomi, kini Pemuteran menjadi salah satu desa wisata terbaik di dunia.

Pemuteran menawarkan panorama bawah laut yang indah bagi para penyelam. Jika ingin mengeksplorasi kawasan sekitarnya, ada pusat budidaya mutiara, air terjun, danau, dan pura yang bisa dikunjungi.

Baca juga : Astronot Temuan Lubang Hitam Punya Jadwal Makan