Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan Anak

Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan Anak

GESITPOKER Dampak Negatif Radiasi Ponsel bagi Kesehatan Anak. Tingkat penggunaan ponsel pada saat ini semakin meningkat. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak merupakan pengguna ponsel yang terbilang cukup aktif. Walaupun di gunakan untuk kegiatan yang berbeda, tetap saja penggunaan ponsel secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Penyebab terganggunya kesehatan pada anak yang bermain ponsel di karenakan adanya radiasi. Radiasi ponsel menjadi faktor penyebab risiko kesehatan menurun, terlebih pada anak-anak.

Sebagian peneliti mencurigai adanya risiko lebih tinggi pada anak-anak terhadap radiasi yang terdapat pada ponsel. Hal ini di karenakan penyerapan radiasi pada anak lebih tinggi, di bandingkan dengan orang dewasa.

Bisa Menyebabkan Tumor

Pada beberapa waktu lalu, terdapat penelitian yang membahas efek radiasi ponsel pada anak-anak. Hal ini berkaitan dengan kondisi fisik anak-anak yang belum sempurna seperti orang dewasa.

Pada anak yang memiliki kecenderungan menggunakan ponsel dalam jangka waktu cukup lama atau terbiasa mendekatkan ponsel ke telinga, menujukkan kemungkinan lebih tinggi berkembangnya tumor ganas, terutama di daerah telinga dan otak.

Hal ini di karenakan tulang, jaringan, dan lapisan pelindung organ seperti otak masih sangat tipis. Kondisi ini mampu menyerap lebih dari 60% radiasi yang dipancarkan oleh ponsel.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, dampak penggunaan ponsel terlalu sering pada anak dapat mempengaruhi sistem saraf juga. Kondisi ini akan berpotensi terjadinta risiko kanker.

Kinerja Otak Terganggu

Gelombang elektromagnetik pada ponsel dapat dengan mudah menembus ke bagian dalam otak anak. Hal ini di karenakan anak belum memiliki pelindung yang cukup kuat untuk menangkal gelombang elektromagnetik ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan hanya berbicara lewat ponsel selama 2 menit, aktivitas listrik di dalam otak anak dapat berubah. Kondisi ini dapat menyebabkan perubahan dalam pola suasana hati dan kecenderungan perilaku.

Selain itu, memungkinkan anak mengalami kesulitan mempelajari hal-hal batu atau fokus dengan benar.

Mengalami Gangguan Tidur

Anak yang terbiasa memegang ponsel terlalu lama, baik untuk telpon bersama teman, bermain gim, atau bermain media sosial akan menyebabkan kelelehan dan kegelisahan. Hal ini dapat mengganggu pola hidup anak Anda.

Pola hidup yang terganggu akibat bermain ponsel terlalu lama dapat membuat anak mudah mengantuk dan sulit berkonsentrasi.

Terganggunya Kondisi Kesehatan

Anak-anak yang durasi bermain ponselnya terlalu lama tidak memiliki aktivitas fisik yang cukup. Hal ini akan membuat anak tidak mendapatkan udara segar yang baik untuk kesehatan.

Terbiasa berlama – lama bermain ponsel akan berisiko terjadinya obesitas dan penyakit lainnya , yang nantinya dapat berkembang menjadi penyakit ber bahaya seperti di abetes dan hipertensi.

Kesehatan Mental Anak Terganggu

Dampak penggunaan ponsel pada anak yang tidak di awasi secara bijak memungkinkan anak untuk bermain media sosial dengan bebas. Penggunaan media sosial pada anak yang tidak di lakukan dengan bijak dapat menimbulkan anak terkena cyberbullying.

Pada kebanyakan kasus, cyberbullying pada anak dapat mengakibatkan terganggu kondisi mentalnya. Secara tidak langsung media sosial dapat menyebabkan depresi dan kecemasan ketika anak-anak tidak mendapatkan perhatian yang cukup. GESITPOKERLOUNGE