Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar Jaya

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar Jaya

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar JayaWWWGESITQQPASTIJACKPOT Kamu harus tahu nih guys, Kementerian Koperasi & UKM mengatakan kalau UMKM merasakan dampak saat pandemik karena penurunan daya beli masyarakat akibat pembatasan sosial, hambatan distribusi, terhambatnya produksi dan lain-lain.

1. Pahami perilaku konsumen dengan tren bisnis terkini

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar JayaKamu pasti memahami bahwa saat ini terjadi perubahan yang termasuk bisnis yang sedang kamu jalani. Terutama yang memiliki tipe bisnis dengan menggantungkan mobilitas sosial. Menurut McKinsey dalam laporannya How COVID-19 is changing consumer behaviour – now and forever (2020) 

2. Atur cashflow dengan baik

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar JayaTentu saja dengan kondisi seperti ini cashflow atau arus kas sangat penting diperhatikan. Kamu gak ingin ‘lebih besar pasak daripada tiang’, ‘kan? Yuk mulai atur prioritas arus kas untuk keperluan yang paling krusial untuk bisnis tetap jalan. Misalkan saja selalu untuk sisihkan keuangan untuk operasional, biaya cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, dan jika memiliki untung yang lebih bisa ditabung atau diinvestasikan. Penting banget nih biar comeback! 

3. Wajib go digital

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar JayaJelas banget ini gak boleh diganggu gugat. Harus go digital! Dengan terbatasnya pergerakan sosial, tentu dunia digital akan membantu bisnismu bergerak. Banyak pelanggan tentu ingin bertransaksi via online dibanding offline. Hal ini terbukti mampu memaksimalkan penjualan BLP Beauty sebuah brand make-up lokal yang didirikan oleh Lizzie Parra pada 2016.BLP Beauty (Dok. GoTo)

4. Buat strategi pemasaran yang sesuai

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar JayaSetelah kamu go digital, pastikan kamu mulai meluncurkan strategi pemasaran yang ciamik. Mulai dari segi harga dan cara untuk promosi di sosial media. Pastikan harga dan cara promosi menarik para pelanggan ya. Ciptakan ledakan perhatian yang elegan, agar pelanggan melirik bisnis kamu./

5. Terus tingkatkan kompetensi diri agar bisnis berkembang

Comeback Lagi Yuk! Coba 5 Strategi Ini Agar Usahamu Lancar JayaSelalu belajar, melihat situasi, dan menangkap peluang adalah kunci bisnis untuk berkembang. Salah satu caranya adalah mengikuti workshop atau komunitas. Kamu bisa ikutan seperti Komunitas Retail GoTo Financial (KONTAG) karena banyak pelatihan untuk membantu kembangkan bisnis.