Cara Sederhana Meredakan Stres dan Kecemasan

gesitQQLOUNGE – Seiring bertambahnya usia, perempuan lebih rentan mengalami stres. Inilah cara menghindarkan stres dan kecemasan.

Faktornya beragam, mulai dari beban kerja di kantor, kewajiban mengurus keluarga dan rumah, atau sekadar perubahan hormon yang terjadi setiap bulan.Dilansir The New York Times, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Brain & Behavior disebutkan bahwa perempuan dua kali lebih mudah mengalami stress dan kecemasan dibanding laki-laki.

Bahkan, pada laporan yang diterbitkan The American Psychological Association, dari tahun ke tahun, tingkat stress dan kecemasan perempuan cenderung lebih tinggi daripada laki-laki.Bila dibiarkan, selalu merasa cemas dan stres tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui kiat-kiat untuk meredakan stress dan kecemasan. Berikut 4 cara sederhana yang bisa Anda lakukan.

1. Menulis hal-hal yang membuat Anda cemas dan stress

4 Cara Sederhana Meredakan Stres dan Kecemasan (1)

Walaupun terlihat sederhana, menuliskan hal-hal yang mengganggu pikiran Anda dapat mengurangi rasa stres. Sebab, saat menulis, Anda dapat mengetahui penyebab kecemasan dan mempelajari cara untuk mengontrolnya dengan lebih baik.Anda dapat memilih catatan polos atau jurnal, lalu luangkan beberapa menit untuk menulis setiap hari. Tuangkan apa saja yang mengganggu pikirkan Anda seolah-olah sedang bercerita kepada teman terdekat.

2. Mengunyah permen karet

4 Cara Sederhana Meredakan Stres dan Kecemasan (2)

Dilansir healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet cenderung lebih tenang dan mengalami tingkat stres yang lebih rendah.Sebab, saat mengunyah permen karet, otak akan mengirimkan sinyal bahwa kita sedang rileks. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar, sehingga Anda dapat merasa lebih tenang.

3. Olahraga

4 Cara Sederhana Meredakan Stres dan Kecemasan (3)

Selain membuat daya tahan tubuh lebih kuat, melakukan aktivitas fisik bisa menjadi cara untuk mengelola stres. Ya, olahraga teratur dapat menurunkan hormon stres dalam jangka panjang. Cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga selama 30 sampai 60 menit, minimal tiga kali seminggu.Olahraga juga meningkatkan kualitas tidur Anda. Bila kualitas tidur baik, kecemasan dan stres cenderung lebih mudah dikelola.

4. Mandi

4 Cara Sederhana Meredakan Stres dan Kecemasan (4)
Saat mandi, tubuh akan melemaskan otot dan meningkatkan mood. Foto: Shutterstock

Bukan sekadar rutinitas, kegiatan mandi yang berkualitas ternyata mampu menghilangkan gejala kecemasan dan stress. Saat mandi, tubuh akan melemaskan otot dan meningkatkan mood. Tak hanya itu, bila menggunakan sabun yang tepat, mandi juga menjadi cara untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit. Kulit yang sehat dan cerah tentu berpengaruh pada kepercayaan diri Anda.Salah satu sabun yang bisa Anda pilih adalah Gluta White Soap dari MS Glow. Selain menggunakan bahan alami seperti coconut oil, Gluta White Soap juga dilengkapi dengan beberapa bahan aktif yang bisa membantu mencerahkan kulit dua kali lipat lebih cepat.Misalnya Alpha Arbutin yang merupakan ekstrak bearberry, blueberry, dan cranberry untuk mencegah pertumbuhan melanin kulit serta Glutathione untuk melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus mencerahkan dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Anda dapat memilih varian yang sesuai dengan kondisi kulit.Cara menggunakan kedua produk ini pun mudah. Gunakan Gluta White Soap selama 1 hingga 2 menit lalu bilas. Setelah itu, balurkan Whitening Scrub dan biarkan setengah kering. Gosok kulit perlahan untuk mengangkat sel kulit mati, lalu bilas hingga bersih.