Cara Capai Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan

gesitQQLOUNGE – Sebagai usaha dalam menurunkan berat badan, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Inilah cara untuk mencapai defisit kalori untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya dengan olahraga, tetapi juga mengurangi konsumsi kalori yang masuk ke tubuh, salah satu caranya dengan diet ‘Defisit Kalori’.

Defisit kalori seringkali diklaim sebagai cara efektif dalam mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Untuk menerapkannya, tentu tak sembarang mengurangi jumlah asupan harian, tetapi perlu memperhatikan panduan pola makan yang tepat.

1. Kurangi Asupan Karbohidrat

5 Cara Capai Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan (1)

Dalam hal ini, seseorang harus fokus pada makanan yang kaya nutrisi tetapi rendah kalori. Misalnya sayuran, biji-bijian, buah-buahan, protein, produk susu rendah lemak atau bebas lemak, dan minyak sehat.

2. Perbanyak Konsumsi Protein, Serat dan Lemak Sehat

5 Cara Capai Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan (2)

Dengan menambahkan lebih banyak serat, protein, dan lemak sehat ke dalam makanan, akan membantu tetap kenyang lebih lama dan membantu makan lebih sedikit.Beberapa jenis makanan yang kaya akan protein antara lain telur, ikan, kacang, dan daging tanpa lemak. Menambah asupan protein juga akan meningkatkan metabolisme sehingga kalori di dalam tubuh akan lebih cepat terbakar.

3. Berhenti Makan Setelah Makan Malam

5 Cara Capai Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan (3)

Untuk menghindari terjadinya rasa lapar tengah malam, kamu bisa membiasakan mengakhiri makan di sore hari atau disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya maksimal pukul 7 malam.

Dengan begitu, seseorang akan mudah mengontrol keinginan makan di malam hari.

4. Rutin Berolahraga

5 Cara Capai Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan (4)

Saat melakukan diet kalori, secara otomatis asupan kalori dalam tubuh berkurang dan tubuh akan mengimbanginya dengan membakar lebih sedikit kalori.

Itu kenapa olahraga menjadi bagian penting dari penurunan berat badan.

5. Buat Jurnal Makanan

5 Cara Capai Defisit Kalori untuk Menurunkan Berat Badan (5)

Selain itu, jurnal makan juga dapat membuat makan lebih teratur dan tepat waktu. Jadi, tidak bakal terlambat dan bingung menentukan menu makanan hari ini.