Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh – GESITQQ – Teh adalah minuman favorit banyak orang yang dikenal karena memiliki rasa yang unik dan manfaat kesehatan lainnya. Umumnya, teh dibuat dari daun teh. Namun, ada pula teh yang berasal dari bunga. Selain rasanya unik, teh bunga pun juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.

Coba cek, kalau kamu punya satu atau beberapa bunga di kebun dari daftar di bawah ini, kamu bisa membuat tehmu sendiri!

Lavender

Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Lavender dikenal karena memiliki warna ungu yang indah dengan aroma harum yang menenangkan. Karenanya, lavender biasanya digunakan sebagai minyak esensial.

Selain itu, bunga ini bahkan bisa menjadi tambahan untuk kue dan makanan panggang lainnya.

Menurut laman Livestrong, lavender juga umum diolah menjadi teh untuk mengatasi masalah digestif, relaksasi, bahkan kejang.

Passion flower

Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Passion flower memiliki warna ungu yang cantik. Selain kecantikan warna bunganya, bunga ini juga memiliki manfaat kesehatan.

Menurut laman WebMD, passion flower digunakan untuk membantu mengatasi masalah sulit tidur, mengatasi masalah kecemasan yang setara dengan obat-obatan, gangguan pencernaan, dan kejang.

Akan tetapi, passion flower tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat sedatif karena bisa menyebabkan kantuk berkepanjangan.

Kembang sepatu

Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Teh dari kembang sepatu memiliki rasa asam yang menyegarkan dan bisa dinikmati panas maupun dingin. Selain rasanya yang unik, teh kembang sepatu menawarkan kebaikan bagi kesehatan kita.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Veterinary Medical Science, uji tabung reaksi menunjukkan bahwa teh kembang sepatu sangat efektif dalam melawan jenis flu burung.

Selain itu, penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa teh kembang sepatu efektif untuk mengatasi kadar lemak darah tinggi.

Kamomil

Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Kamomil sudah lama dikonsumsi sebagai teh dan dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Melansir Healthline, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh kamomil dapat meningkatkan kualitas tidur dan lebih sedikit gejala depresi.

Kamomil juga diyakini memiliki efek antibakteri, antiinflamasi, dan melindungi organ hati. Bunga ini juga bisa membantu melawan diare dan sakit maag, begitu juga mampu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), serta memperbaiki kadar glukosa darah, insulin, dan lipid darah pada pasien diabetes. Bunga Cantik Ini Bisa Diolah Menjadi Teh

Echinacea


Teh echinacea berguna untuk mencegah dan mempercepat pemulihan diri dari flu. Penelitian dalam jurnal Phytomedicine menunjukkan bahwa echinacea dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu tubuh melawan virus atau infeksi.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa echinacea dapat mempersingkat durasi flu biasa, mengurangi keparahan gejalanya, atau bahkan mencegahnya.

Selain itu, minum teh echinacea hangat ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan atau membersihkan hidung tersumbat saat kamu sedang masuk angin.

Selain bagus untuk hiasan, ternyata beberapa bunga juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah, agar bisa mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya kamu tanam sendiri bungamu agar terhindar dari pestisida maupun bahan kimia berbahaya lainnya.

Baca juga : 7 Cara Efektif Memperbesar Otot Lengan