Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi – GESITQQ – Kamu yang pernah sakit gigi, pasti tahu betapa menyiksanya kondisi ini. Makanya, banyak orang yang cepat-cepat ingin mengatasinya dengan berbagai cara. Meski sering kali butuh ke dokter gigi untuk mengobati akar penyebab sakit gigi, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyut-nyutannya.

Tak perlu buru-buru minum obat pereda nyeri, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini untuk meredakan sakit gigi yang sangat mengganggu. Simak, yuk!

Berkumur dengan air garam

Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Melansir Healthline, air garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Berdasarkan laporan penelitian yang di terbitkan di jurnal PLOS One tahun 2016, larutan garam yang dipakai untuk berkumur ditemukan dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Untuk menggunakan metode ini, kamu dapat mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan obat kumur. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

Bawang putih

Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Melansir AZ Family Dental, bawang putih dapat meredakan nyeri untuk sementara, tetapi tergantung pada penyebab sakit gigi yang dialami. Misalnya, jika di sebabkan oleh gangguan sendi temporomandibular, bawang putih mungkin tidak dapat meredakan sakit sama sekali.

Bawang putih bertindak mirip dengan antibiotik dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyerang gigi.

Penggunaan bawang putih bisa dengan dua cara. Pertama, haluskan satu siung bawang putih dan sedikit garam, lalu oleskan pasta tersebut ke gigi yang cenat-cenut.

Kedua, masukkan satu atau dua siung bawang putih ke dalam muluta dan kunyah. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Menggunakan kompres dingin

Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Kamu juga menggunakan kompres dingin, terutama jika sakit gigi yang dialami diakibatkan oleh trauma.

Melansir Healthline, kompres dingin akan membuat pembuluh darah di area sakit gigi mengerut, sehingga meredakan nyeri. Selain itu, sensasi dingin juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk melakukan metode ini, tempelkan ice pack atau es batu yang di bungkus handuk bersih ke area yang di serang nyeri selama 20 menit. Kamu bisa mengulanginya setiap beberapa jam.

Bilasan hidrogen peroksida

Beberapa Cara Alami Meredakan Sakit Gigi

Bilasan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Mengutip laporan dalam Journal of International Society of Preventive & Community Dentistry tahun 2016, hidrogen peroksida telah terbukti memiliki spektrum aktivitas antimikroba yang luas karena efektif melawan bakteri, jamur, virus, dan spora.

Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida juga dapat mengurangi plak gigi dan menyembuhkan gusi berdarah.

Untuk melakukannya, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan jumlah air yang sama, lalu gunakan untuk berkumur. Pastikan untuk mencampurkan larutan secara menyeluruh dan jangan sampai menelannya.

Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang bertindak sebagai pengurang rasa sakit. Selain itu, aromanya pun di yakini dapat menenangkan dan bikin relaks, sehingga bisa membantu meredakan nyeri gigi.

Ekstrak vanila dapat meredakan nyeri gigi untuk sementara, tetapi berlangsung selama beberapa menit dan membutuhkan aplikasi ulang yang sering.

Penggunaannya bisa dengan dua cara. Pertama, oleskan sedikit pada jari dan gosok area gigi dan gusi yang berdenyut. Kedua, oleskan sedikit ekstrak vanili ke kapas bersih dan tempelkan di area gigi yang terdampak. Ulangi 2-3 kali dalam sehari.

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi untuk sementara waktu, yang bisa kamu lakukan di rumah. Solusi terbaiknya adalah tetap periksa ke dokter gigi untuk mengatasinya sumber masalahnya, sehingga sakit gigi bisa benar-benar teratasi.

Baca juga : 6 Penyebab Kekambuhan Psoriasis