Batu Ginjal Salah Satunya Sensasi Terbakar Saat Kencing

Batu Ginjal Salah Satunya Sensasi Terbakar Saat Kencing

GESITPOKER LOUNGE, Batu Ginjal salah satunya merupakan endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam, yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ini dapat bergerak ke salurah kemih dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Ciri-ciri Batu Ginjal Salah Satunya Sensasi Terbakar Saat Kencing

Batu ginjal tak memiliki satu penyebab yang pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit ini. Contohnya, dehidrasi dapat memicu terjadinya batu ginjal, kemudian obesitas, dan riwayat keluarga juga bisa menjadi faktor risiko penyakit ini.

Sakit di punggung dan perut

Nyeri yang timbul karena batu ginjal bisa terasa sangat sakit. Beberapa penderita bahkan menggambarkan rasa nyerinya sama seperti saat melahirkan atau ditusuk dengan pisau.

Biasanya rasa sakit mulai terasa parah ketika batu ginjal bergerak ke arah ureter (saluran antara ginjal dan kandung kemih). Kondisi ini menyebabkan terjadinya penyumbatan di ureter, sehingga memicu tekanan pada ginjal.

Nyeri batu ginjal kerap kali muncul secara tiba-tiba saat batu mulai bergerak. Rasa sakitnya bisa menjadi semakin parah ketika ureter berkontraksi untuk mendorong batu keluar.

Sakit saat buang air kecil

Setelah batu ginjal mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, kamu akan merasakan sakit yang luar biasa ketika buang air kecil.

Dalam dunia medis, kondisi ini di sebut sebagai di suria. Rasa nyerinya bisa berupa seperti terbakar.

Sering buang air kecil

Ciri-ciri selanjutnya adalah beser, atau sering buang air kecil. Ini bisa menjadi pertanda bahwa batu ginjal sudah mulai bergerak ke saluran kandung kemih.

Mitos dan Fakta Mengenai Penyakit Ginjal Kronik (PGK) | Rumah Sakit EMC

Penderita batu ginjal bisa mengalami rasa ingin buang air kecil sepanjang hari.

Ada darah dalam urine

Terdapat darah di dalam urine merupakan gejala umum dari batu ginjal. Gejala ini di sebut juga sebagai hematuria.

BACA JUGA : Sering Ngilu Ini Penyebab Gigi Sensitif

Darah dalam urine bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Terkadang sel darah yang tampak berukuran sangat kecil, sehingga hanya bisa di lihat dengan menggunakan mikroskop.

Urine tampak keruh atau berbau

Urine yang sehat umumnya berwarna jernih dan tidak berbau. Namun, bagi penderita batu ginjal, urine yang keluar bisa tampak keruh atau berbau busuk.

Urine yang keruh di sebabkan oleh nanah. Kemudian bau busuknya bisa berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Urine yang keluar sedikit

Batu ginjal terkadang bisa tersangkut di ureter dan menyebabkan penyumbatan. Kondisi ini dapat menghambat aliran urine.

Oleh karenanya, urine yang keluar setiap kali buang air kecil bisa sangat sedikit. Apabila urine sudah tidak keluar sama sekali, penderita batu ginjal sudah dalam keadaan darurat medis.

SUMBER BERITA : GESIT POKER ONLINE