Aspek Rahasia yang Membuatmu Sejahtera Secara Mental

Aspek Rahasia yang Membuatmu Sejahtera Secara Mental

Gesitqq Lounge – Aspek Rahasia yang Membuatmu Sejahtera Secara Mental, Kehidupan yang berkualitas yang kita inginkan dapat di kaitkan dengan fluorishing, yang dapat di artikan sebagai kondisi dimana individu mampu melakukan fungsinya dengan baik, adanya perasaan positif, dan mampu berkembang secara optimal.

Aspek Rahasia yang Membuatmu Sejahtera, metode yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis kita adalah dengan model PERMA. Model ini berisi aspek-aspek pembentuk fluorishing yang di kemukakan oleh Dr. Seligman. Berikut penjelasannya.

Positive emotions

Aspek Rahasia yang Membuatmu Sejahtera Secara Mental

Emosi positif tidak sekadar “kebahagiaan”, ada banyak emosi positif yang harus kita tahu, misalnya harapan, cinta, dan ketertarikan. Emosi positif memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dari sisi biologis, adanya emosi positif mampu meningkatkan sistem imunitas kita melalui hormon-hormon yang di keluarkan, seperti dopamin, serotonin, dan endorfin. 

Selain itu, emosi positif yang berhasil kita bangkitkan dalam keseharian kita juga akan mampu memperbaiki kebiasaan kita dalam berpikir dan berperilaku, meningkatkan resiliensi, dan menghindarkan diri dari efek buruk emosi negatif. Lalu, bagaimana cara membangun emosi positif dalam diri? Beberapa cara yang bisa di lakukan adalah menghabiskan waktu dengan orang yang kita sayangi, melakukan aktivitas atau hobi yang kamu sukai, serta selalu bersyukur.

Engagement

Aspek Rahasia yang Membuatmu Sejahtera Secara Mental

Konsep mengenai engagement mengajarkan kita bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup kita adalah dengan memiliki  kesenangan. Dan terlibat secara penuh pada aktivitas yang sedang kita lakukan. Engagement akan bisa di capai jika ada kombinasi positif antara tantangan yang tersedia dengan skill yang kita miliki.

Dalam sebuah penelitian, individu yang menggunakan kelebihan yang mereka miliki dalam kegiatan baru yang berbeda tiap harinya selama seminggu lebih bahagia dan mengalami pengurangan tekanan setelah 6 bulan (Seligman, Steen, Park, & Peterson, 2005). Ada beberapa cara yang bisa  kamu lakukan untuk meningkatkan engagement. Yaitu melakukan aktivitas yang benar-benar kamu sukai, fokus pada situasi saat ini, dan berkegiatan di alam.

Positive relationship

Positive relationship

Model ini di sandarkan pada teori bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dengan teori ini, maka kita memiliki kecenderungan untuk berusaha membentuk hubungan yang baik  dan keintiman pada interaksi kita dengan orang lain. Oleh karena itu, hubungan dengan orang lain menjadi salah satu landasan penting yang berkaitan dengan kondisi psikologis kita.

Melalui hubungan yang positif dengan orang-orang di sekeliling kita, kita berharap akan muncul perasaan di dukung, di cintai, dan di hargai oleh orang lain. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam hidup untuk membantumu memiliki hubungan yang positif dengan orang lain. Misalnya, menanyakan sesuatu hal kepada orang yang kurang kamu kenal, bergabung dalam kelompok dimana kamu tertarik dengan mereka, dan terkoneksi lagi dengan orang yang sebelumnya sempat loss contact.

Meaning

Meaning

Salah satu dorongan alami dalam diri manusia adalah pencarian tujuan hidup. Namun, tujuan hidup masing-masing dari kita berbeda dan bisa terwujud dalam beragam hal di segala aspek kehidupan manusia. Salah satu syarat supaya kita bisa  merasa memiliki makna hidup adalah  wujud dari tindakan tersebut haruslah sesuatu yang  berharga. 

Makna hidup akan membuat kita lebih fokus dalam hidup, hidup lebih lama, serta memiliki kepuasan hidup. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan makna hidup, yaitu cobalah beprikir untuk menemukan kemampuan apa yang ada dalam diri kamu yang bermanfaat untuk orang lain dan mencoba hal-hal baru dalam hidup.

Accomplishment

Accomplishment

Model kelima ini berkaitan dengan  usaha yang di lakukan kita untuk mencapai tujuan kita. Saat kita berhasil mencapai tujuan-tujuan yang telah kita tetapkan, akan muncul berbagai perasaan positif di dalamnya. Seperti rasa bangga dan senang. Perasaan-perasaan inilah yang berkontribusi terhadap kesejahteraan psikologis seseorang. 

Kita bisa secara teratur menantang diri kita untuk terus berpogres memperbaiki diri  sebagai upaya untuk mencapai kemajuan dalam hidup kita. Namun,  tujuan yang kita buat haruslah realistis dan bisa di capai. Nahcara yang bisa kamu lakukan ketika  membuat tujuan adalah dengan mengikuti pola akronim SMART (specific, measurable, assignable, realistis, dan time related).

Akronim PERMA yang telah di jelaskan bisa membantumu untuk meningkatkan kualitas hidup dan membantu mencapai kesejahteraan psikologis. Kamu bisa mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan cobalah untuk konsisten untuk mencapai hidup yang berkualitas versi kamu!

SUMBER BERITA: GESITQQ ONLINE