8 Ciri Khusus Pohon Kelapa, Manfaat, dan Produk Olahannya

8 Ciri Khusus Pohon Kelapa, Manfaat, dan Produk Olahannya

GesitPoker Ciri khusus pohon kelapa bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Pohon Kelapa (Cocos nucifera L.) termasuk dalam genus Cocos dan dapat tumbuh dengan mudah di daerah tropis. Pohon kelapa biasanya banyak ditemukan di daerah pantai karena memerlukan kelembaban yang tinggi. 

Buah kelapa berbentuk bulat panjang dengan ukuran kurang lebih sebesar kepala manusia. Sedangkan, batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10 – 14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3 – 4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian.

Ciri khusus pohon kelapa bisa dilihat dari komponen-komponennya, seperti buah, daun, hingga batang. Berbagai komponen kelapa tersebut juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut GesitPoker rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/11/2019) tentang 8 ciri khusus pohon kelapa.

Ciri Khusus Pohon Kelapa

8 Ciri Khusus Pohon Kelapa
Ciri Khusus Pohon Kelapa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri khusus pohon kelapa bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Berbagai komponennya seperti buah, batang, hingga daunnya menunjukkan ciri khusus pohon kelapa.

Dengan berbagai ciri khusus pohon kelapa ini pulalah kamu bisa mengenalinya dengan baik. berikut beberapa ciri khusus pohon kelapa:

– Pohon terdiri dari batang tunggal, akar berbentuk serabut dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol.

– Berbiji tertutup: biji kelapa tertutup lapisan yang tersusun dari 3 lapisan: eksokarp, mesokarp dan endokarp. Eksokarp atau lapisan terluar adalah kulit buat kelapa. Mesokarp atau lapisan tengah adalah serabut buah kelapa. Dan endokarp atau lapisan terdalam adalah batok kelapa.

– Berbiji tunggal: sebagai monokotil biji kelapa tidak berbelah.

– Batang pohon beruas dan apabila pohon sudah tua, ruas-ruas tersebut akan berkurang, batang kelapa merupakan jensi kayu yang terbilang cukup kuat, namun sayangnya kurang baik untuk dapat menjadi bangunan.

– Pada daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip.

– Daun kelapa merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip.

– Bunga majemuk: bunga yang dihasilkan kelapa bersifat majemuk, yaitu kelapa menghasilkan bunga jantan dan betina dalam satu pohon. Jumlah bunga yang dihasilkan satu pohon dapat berjumlah sangat banyak. Bunga ini setelah dibuahi akan membentuh buah kelapa.

– Buah kelapa umumnya besar, dengan memiliki diameter sekitar 10 cm hingga 20 cm bahkan bisa lebih. Warna buah kelapa tergantung dari jenis pohonya (dapat berwarna kuning atau hijau), untuk buah yang sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.

Manfaat Kelapa

8 Ciri Khusus Pohon Kelapa
Manfaat Kelapa

Setelah mengenali ciri khusus pohon kelapa, tentunya kamu juga perlu mengetahui manfaat kelapa. Kelapa merupaka salah satu jenis tanaman serba guna dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Seluruh bagian pohon kelapa dapat memberikan manfaat bagi manusia mulai dari akar sampai bagian daun dan tentunya buahnya. Berikut beberapa manfaat pohon kelapa bagi manusia:

– Pada bagian akar yakni dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bir dan zat pewarna.

– Pada bagian batang yakni dimanfaatkan sebagai bahan baku perabotan rumah, mebel, sebagai kayu ataupun kayu bakar.

– Bagian daun yakni daun kelapa dapat digunakan sebagai bahan pembungkus ataupun dianyam untuk dapat dijadikan atap rumah, sedangkan lidinya biasa digunakan untuk membuat sapu.

– Bagian bunga yakni menghasilkan cairan yang dikenal dengan nama air nira yang memiliki rasa manis, dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan gula nira ataupun sebagai minuman.

– Bagian buah yakni untuk bagian ini terdiri dari kulit (sabut), batok, daging kelapa dan air kelapa. Kulit buah (sabut kelapa) sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan keset, pada batok kelapa bisa dijadikan arang, buah kelapa untuk konsumsi atau diolah untuk dijadikan minyak kelapa. Sedang air kelapa sebagai penghilang dahaga dan juga bermanfaat sebagai tanaman obat untuk dapat meningkatkan kesehatan pada tubuh.

Produk Olahan Kelapa

8 Ciri Khusus Pohon Kelapa
ilustrasi es nata de coco

Selain mengetahui ciri khusus pohon kelapa dan manfaatnya, tentunya kamu juga perlu mengenal jenis produk olahan kelapa yang terkenal. Berikut produk olahan kelapa yang cukup terkenal:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bagian yang paling berharga dari buah kelapa dan banyak digunakan sebagai bahan baku industri atau sebagai minyak goreng. Minyak kelapa dapat diekstraksi dari daging buah kelapa atau daging kelapa yang dikeringkan. Minyak kelapa merupakan ester dari gliserol dan asam lemak.

Nata de coco

Nata de coco adalah krim yang berasal dari air kelapa. Krim ini dibentuk oleh mikroorganisme Acetobacter xylinum melalui proses fermentasi. Mikroorganisme ini membentuk gel pada permukaan larutan yang mengandung gula.

Bakteri Acetobacter xylinum dapat tumbuh dan berkembang membentuk nata de coco karena adanya kandungan air sebanyak 91,23 %, protein 0,29 %, lemak 0,15 %, karbohidrat 7,27 %, serta abu 1,06 % di dalam air kelapa.

Baca Juga : Hotel Ini Gratiskan Biaya Menginap Untuk Orang yang Putus Cinta

Selain itu, terdapat juga nutrisi-nutrisi berupa sukrosa, dektrose, fruktose dan vitamin B kompleks yang terdiri dari asam nikotinat 0,01 ug, asam pantotenat 0,52 ug, biotin 0,02 ug, riboflavin 0,01 ug dan asam folat 0,003 ug per ml. Nutrisi-nutrisi tersebut merangsang pertumbuhan Acetobacter xylinum untuk membentuk nata de coco.