8 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Hidup Lebih Bahagia dan Tak Stres

GESITPOKER Lounge – Mungkin sebagian besar waktu yang Anda miliki dihabiskan untuk mendalami beragam hal yang ada di dalam pikiran. Hingga akhirnya, ada titik di mana Anda mencemaskan banyak hal dalam hidup. Sayangnya, kebiasaan tersebut bisa berujung pada pikiran negatif yang sering hadir karena rasa khawatir serta prasangka buruk yang datang bertubi-tubi.

Jika sudah terlanjur sering berpikiran negatif hanya menyebabkan Anda makin kesulitan menikmati pengalaman-pengalaman hidup yang nyata. Di sisi lain, energi akan seringkali terkuras habis jika berbagai pikiran negatif tersebut tidak dikendalikan dengan baik. Bahkan membuat hati semakin cemas, was-was, dan gelisah.

Maka tidak ada salahnya mencari cara menghilangkan pikiran negatif. Tidak perlu bingung, sebenarnya cara menghilangkan pikiran negatif cukup mudah. Tapi, memang diperlukan niat dan keinginan kuat agar cara menghilangkan pikiran negatif dapat berdampak optimal.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa Anda coba, Minggu (29/11/2020).

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

1. Berhenti menghakimi

Cara menghilangkan pikiran negatif yang pertama, dengan berhenti menghakimi baik diri sendiri maupun orang lain. Sebab, terus menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya membuat timbulnya perasaan kecewa dan negatif. Itulah mengapa, coba untuk berhenti menghakimi serta berhenti untuk mengambil kesimpulan terhadap berbagai hal dengan gegabah.

2. Jangan terlalu lama berpikiran negatif

Meski sudah mencoba cara menghilangkan pikiran negatif di atas, namun tidak jarang justru pikiran tersebut makin kuat dan sulit diatasi. Jika memang masih sulit, maka tidak mengapa untuk menghadirkan pikiran negatif tersebut di dalam diri, tapi sebentar saja. Batasi kehadirannya tidak lebih dari beberapa menit. Kemudian coba untuk fokus ke hal lain yang lebih bermanfaat.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

3. Evaluasi keakuratan hal negatif

Dilansir dari psychologytoday.com, apabila muncul pikiran negatif yang mengganggu cobalah untuk berhenti kemudian lakukan evaluasi mengenai keakuratannya. Bisa saja pikiran negatif tersebut hanya sebuah asumsi serta imajinasi Anda sendiri yang memanipulasi pikiran.

4. Bersyukur

Banyak penelitian yang sudah membuktikan jika salah satu cara menghilangkan pikiran negatif yang paling efektif sebenarnya dengan bersyukur. Hal tersebut ternyata bisa memberi dampak besar pada tingkat perasaan positif serta kebahagiaan. Dengan mensyukuri hal-hal sederhana atau hal-hal kecil cukup memberi pengaruh besar pada suasana hati. Menyadari serta memperhatikan bahwa ada hal lain yang masih berjalan dengan baik serta akan membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif berlebihan.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

5. Lakukan hal baik

Cara menghilangkan pikiran negatif juga bisa dengan sering berbuat baik. Tidak perlu muluk-muluk, cukup perbuatan baik yang sederhana saja.

Lakukan perbuatan baik tersebut kepada orang-orang dekat terlebih dulu. Hal baik bisa dilakukan baik di rumah maupun di tempat kerja. Penting untuk diingat, hal besar berawal dari hal kecil yang dilakukan terus menerus.

6. Fokus dengan kelebihan yang dimiliki

Memang, munculnya pikiran negatif pada diri sendiri bisa muncul karena Anda merasa sudah banyak berbuat kesalahan. Adanya perasaan yang timbul akibat rasa bersalah karena mengecewakan banyak pihak juga salah satu yang berpengaruh. Saat terjadi hal tersebut, coba fokus dengan kelebihan yang dimiliki. Setiap manusia pernah melakukan salah. Maka jangan takut untuk memperbaikinya dan buang jauh-jauh pikiran negatif jika Anda tak mampu memberi yang terbaik untuk lingkungan.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

7. Cari lingkungan yang positif

Pengaruh lingkungan meman sangat besar dampaknya. Bahkan lingkungan yang tidak tepat bisa dengan cepat memengaruhi seseorang. Maka, usahakan Anda bergaul atau berada di lingkungan orang-orang yang positif.

Bergaul dengan mereka yang punya pola pikir positif bisa memudahkan Anda untuk menghilangkan pikiran negatif. Sebab bagaimanapun watak serta sifat seseorang bisa dilihat dari dengan siapa dirinya bergaul. Beteman dengan orang-orang dermawan, maka akan menularkan sifat-sifat baik tersebut.

Begitupun dengan sebaliknya, berteman dengan orang yang menghabiskan waktu untuk hal negatif juga bisa memberi dampak negatif tersebut.

8. Ubah energi negatif menjai sebuah karya

Cara menghilangkan pikiran negatif yang terakhir dengan mengubah energi-energi negatif tersebut dengan menjadikan sesuatu yang kreatif seperti sebuah karya seni dan sebagainya.

Apabila Anda suka bermusik, maka coba buat lagu dari energi negatif yang Anda dapat dan tuangkan menjadi karya lagu yang mungkin bisa menghasilkan nilai ekonomis bagi Anda. Hal ini dapat menghilangkan berbagai pikiran negatif dengan efektif.

Namun, apabila Anda masih merasa sering kesulitan mengatasi berbagai kebiasaan untuk sering berpikir negatif, maka tidak ada salahnya untuk mencari bantuan dari pakar, seperti psikolog maupun psikiater.

Sebab perlu untuk diingat, jika kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tanpa mental yang baik, maka fisik yang prima tidak bisa memberi manfaat yang berlimpah bagi kehidupan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil menghilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut dari diri Anda.