8 Cara Mengatasi Telinga Gatal, Ketahui Penyebabnya

8 Cara Mengatasi Telinga Gatal, Ketahui Penyebabnya

GESIT POKER LOUNGE – Saat telinga gatal, pasti terbesit keinginan untuk langsung menggaruk atau mengorek hingga rasa gatalnya hilang. Apalagi jika keluhan gatal di telinga ini terus muncul, dampaknya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.8 Cara Mengatasi Telinga Gatal, Ketahui Penyebabnya

Penyebab dari telinga gatal bisa sangat beragam. Melansir Klikdokter, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, telinga gatal bisa disebabkan oleh infeksi telinga luar, misalnya akibat jamur. Selain itu, bisa disebabkan oleh telinga kering, alergi, atau iritasi, misalnya karena anting atau penyakit tertentu. Contohnya, psoriasis atau dermatitis yang memang bisa bikin gejala gatal.

Bahkan, apabila sudah terinfeksi, telinga gatal dapat disertai dengan demam, pembengkakan, serta keluarnya cairan dari telinga. Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan.

Bagaimana cara mengatasi telinga gatal? Lupakan cara mengatasi telinga gatal dengan mengorek telinga. Bahkan para ahli menyarankan agar menjauhi cara mengatasi telinga gatal terutama jika menggunakan cotton buds. Sebab, cara mengatasi telinga gatal tersebut justru dapat membuat kering telinga. Penggunaan cotton buds, juga dapat memperburuk rasa gatal. Bahkan, berisiko menyebabkan kerusakan permanen pada telinga Anda.

Tentunya, rasa gatal tersebut sangat menjengkelkan. Namun, jika memang sudah begitu, Anda bisa mengobatinya dengan berbagai cara yang aman. Berikut ini Liputan6.com telah mrangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengatasi telinga gatal yang aman dan efektif, Rabu (30/12/2020).

Minyak zaitun

Cara mengatasi telinga gatal bisa dengan minyak zaitun.. Agar hasilnya maksimal, hangatkan minyak zaitun, tapi jangan terlalu panas. Kemudan baru oleskan di luar telinga hingga rasa gatal hilang.

8-Cara-Mengatasi-Telinga-Gatal

Baby oil

Selain minyak zaitun, menggunakan baby oil juga cukup efektif. Baby oil juga membantu melembapkan kulit kering yang menjadi salah satu penyebab telinga gatal. Cara penggunaannya dengan mengoleskan beberapa tetes baby oil pada telinga, hingga rasa gatal hilang.

Penggunaan baby oil juga dapat membantu untuk meredakan rasa gatal akibat alat bantu dengar.

Air hangat campur alkohol

Cara mengatasi telinga gatal selanjutnya, bisa dengan mencampurkan air hangat dengan alkohol. Setelah itu, oles atau teteskan larutan tersebut ke dalam saluran telinga. Lakukan beberapa kali hingga gatal menghilang.

8-Cara-Mengatasi-Telinga-Gatal

Cuka putih

Penggunaannya hampir sama dengan campuran alkohol.

Gel lidah buaya

Ternyata, selain ampuh menyuburkan rambut, gel lidah buaya bisa menjadi cara mengatasi telinga gatal yang efektif. Efek menenangkan dari gel lidah buaya membuatnya jadi obat ideal. Untuk menghilangkan gatal, cukup dengan meneteskan beberapa gel saja lalu tunggu hingga rasa gatal menghilang.

Hidrogen peroksida

Mungkin Anda bertanya-tanya tentang cara mengatasi telinga gatal ini. Penggunaan hidrogen peroksida ampuh untuk menyingkirkan gatal di telinga karena mampu melelehkan kotoran di telinga.

Gunakan obat topikal

Melansir Klikdokter, apabila kondisi kulit seperti psoriasis yang menyebabkan telinga gatal, maka Anda ada baiknya menggunakan obat topikal (oles) untuk mengatasinya.

Antihistamin

Telinga gatal yang disebabkan rhinitis alergi memerlukan pemberian antihistamin untuk mengatasinya. Jika alergi makanan yang jadi penyebab telinga gatal, Anda bisa melacak pola makan dan gejala alergi yang dialami agar mengetahui makanan apa yang sebenarnya jadi pemicu.

Penyebab Telinga Gatal

Berenang

Ketika berenang secara tidak sengaja sering telinga kemasukan air. Air yang masuk ke saluran telinga bisa menyebabkan infeksi. Sebab kondisi telinga akan lembab dan bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri. Maka dari itu, jangan lupa keringkan telinga setelah berenang supaya kondisinya tetap kering.

Kotoran telinga

Sering membersihkan telinga justru menyebabkan infeksi, gatal, sakit telinga, bahkan menurunkan sistem imun tubuh. Maka dari itu, jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena terdapat beberapa fungsi dari kotoran telinga untuk melindungi tubuh dari kuman yang masuk.

Mengenakan headset dan alat lainnya

Memakai alat bantu dengar seperti headset dalam jangka waktu lama juga akan menimbulkan rasa gatal. Ini karena ada alergi terhadap plastik.

Penyakit pada kulit

Masalah kulit seperti eksema, psoriasis, atau deramtitis seboroik serta kekeringan bisa menyebabkan telinga gatal.

8-Cara-Mengatasi-Telinga-Gatal

Alergi debu

Beberpa hal seperti debu dan serbuk sari tumbuhan ternyata bisa menyebabkan telinga gatal.

Baca juga : Kenali 5 Sepeda Termahal di Dunia

GESIT POKER SITUS KARTU ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA SE-INDONESIA