8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

GESITQQ LOUNGE
8 Bahan Herbal untuk Hati atau lever adalah organ penting tubuh yang melakukan lebih dari 500 fungsi vital. Mulai dari membuang produk limbah dan zat asing dari aliran darah, mengatur kadar gula darah, dan menciptakan nutrisi penting. Karena fungsi-fungsi pentingnya ini, kesehatan hati tentu harus di jaga.

Selain gaya hidup sehat, ada beberapa cara untuk mendukung kesehatan hati. Salah satunya dengan penggunaan bahan herbal. Inilah beberapa bahan herbal yang menjanjikan sebagai cara alami untuk meningkatkan kesehatan hati.

1. Ginseng

Ginseng adalah suplemen herbal populer berkat sifat antiinflamasinya yang kuat. Plus, itu dapat meningkatkan regenerasi sel hati setelah operasi, menurut studi dalam Journal of Ginseng Research tahun 2017.

Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2020 pada 51 pria dengan peningkatan kadar alanine transaminase (ALT), penanda kerusakan hati, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 3 gram ekstrak ginseng per hari selama 12 minggu mengalami penurunan ALT yang signifikan, di bandingkan grup plasebo. Tingkat gamma-glutamyl transferase (GGT), penanda lain untuk kerusakan hati, juga berkurang secara signifikan, menurut studi dalam jurnal Food & Nutrition Research tahun 2020.

Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut yang menyelidiki efek ginseng pada kesehatan hati di perlukan. 8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Bila di gunakan sendiri, ginseng di anggap relatif aman untuk kesehatan hati. Namun, ginseng berpotensi bereaksi dengan obat-obatan, yang dapat menyebabkan cedera hati dan efek samping berbahaya lainnya.

2. Teh hijau

8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa suplementasi dengan ekstrak teh hijau dapat membantu mengobati orang-orang dengan penyakit hati.

Menurut studi terhadap 80 orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol dalam International Journal of Preventive Medicine tahun 2016, di temukan bahwa suplementasi 500 mg ekstrak teh hijau per hari selama 90 hari secara signifikan mengurangi penanda kerusakan hati ALT dan aspartat aminotransferase (AST). Meskipun kelompok plasebo juga terlihat penurunan tingkat AST dan ALT, ini tidak signifikan.

Studi selama 12 minggu pada 80 orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol dalam Pakistan Journal of Medical Sciences tahun 2017 mengamati bahwa orang-orang yang mengonsumsi 500 mg ekstrak teh hijau setiap hari mengalami peningkatan signifikan dalam AST, ALT, dan penanda inflamasi, di banding kelompok plasebo. Perawatan ini juga mengurangi perubahan lemak di hati.

3. Licorice

Menurut buku Textbook of Natural Medicine tahun 2020, akar licorice telah terbukti memiliki efek antiinflamasi, antivirus, dan pelindung hati dalam studi ilmiah. 8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan ekstrak licorice dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi hati tertentu.

Sebuah penelitian pada 66 orang dengan penyakit hati berlemak dalam jurnal Phytotherapy Research tahun 2012 menemukan bahwa suplemen dengan 2 gram ekstrak akar licorice per hari selama 2 bulan secara signifikan mengurangi ALT dan AST, di banding dengan pengobatan plasebo.

Pada kelompok vodka saja, penanda kerusakan hati, termasuk ALT, AST, dan GGT, meningkat secara signifikan. Pada kelompok glycyrrhizin, penanda ini tidak meningkat secara signifikan, menunjukkan bahwa glycyrrhizin dapat membantu melindungi terhadap kerusakan hati terkait alkohol, menurut studi dalam Phytotherapy Research tahun 2016.

4. Kunyit

8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Penelitian awal menunjukkan bahwa kunyit mungkin berguna dalam pengobatan hepatitis B dan hepatitis C. Misalnya, dalam sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2009 pada sel-sel hati, para peneliti menemukan bahwa ekstrak kunyit membantu menghentikan replikasi virus hepatitis B.

Sebuah studi tabung reaksi dalam jurnal FEBS Letters tahun 2009 menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dapat membantu menekan replikasi virus hepatitis C.

5. Bawang putih

Bawang putih di kemas dengan senyawa tanaman antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, seperti allicinalliin, dan ajoene yang dapat membantu mendukung kesehatan hati.

Sebuah studi tahun 2020 terhadap 98 orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 800 mg bubuk bawang putih per hari selama 15 minggu mengalami penurunan yang signifikan dalam kadar ALT, AST, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida di bandingkan kelompok plasebo. Terlebih lagi, 51 persen peserta dalam kelompok bawang putih menunjukkan peningkatan keparahan akumulasi lemak hati, di bandingkan dengan hanya 16 persen dari kelompok kontrol.

Meskipun asupan bawang putih mentah berbanding terbalik dengan penyakit hati berlemak nonalkohol pada pria, hubungan ini tidak terlihat pada perempuan. 8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Meskipun bawang putih mentah umumnya di anggap aman, suplemen bawang putih pekat dapat menyebabkan cedera hati pada beberapa orang.

6. Jahe

8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Sebuah studi 12 minggu pada 46 orang dalam jurnal Clinical and Experimental Gastroenterology tahun 2020 dengan penyakit hati berlemak nonalkohol menemukan bahwa suplemen dengan 1.500 mg bubuk jahe per hari secara signifikan mengurangi ALT, kolesterol total dan LDL, gula darah puasa, dan penanda inflamasi C-reactive protein (CRP), dibanding pengobatan plasebo.

Studi lain dalam jurnal Hepatitis Monthly tahun 2016 menemukan hasil serupa. Orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol yang diberikan 2 gram jahe selama 12 minggu mengalami penurunan signifikan pada ALT, GGT, penanda inflamasi, dan akumulasi lemak di hati, dibanding kelompok plasebo. 8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Akar jahe mengandung senyawa kuat, termasuk gingerol dan shogaol, yang membantu menghambat peradangan dan melindungi dari kerusakan sel. Ini dapat membantu mendukung kesehatan hati. Jahe juga dapat membantu melindungi hati dari racun seperti alkohol.

Jahe umumnya dianggap aman, bahkan bagi orang-orang dengan kondisi hati. Namun, pastikan untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi produk jahe dosis tinggi.

7. Milk thistle

Milk thistle atau silmaryn dapat bermanfaat bagi orang dengan sirosis hati, menurut studi berjudul “The Use of Silymarin in the Treatment of Liver Diseases” dalam jurnal Drugs tahun 2001.

Sebuah tinjauan dalam jurnal Journal of Viral Hepatitis tahun 2005 melihat beberapa uji klinis yang menguji milk thistle dalam pengobatan hepatitis B dan C. Meskipun para peneliti tidak menemukan bukti bahwa milk thistle dapat membantu membersihkan semua jenis virus hepatitis, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa milk thistle dapat membantu mengekang peradangan yang terkait dengan hepatitis C dan melindungi sel-sel hati dari kerusakan.

8. Burdock

8 Bahan Herbal untuk Membantu Menjaga Kesehatan Hati

GESITQQ REGISTER
Burdock—herbal yang sering digunakan sebagai obat detoksifikasi alami—dapat membantu melindungi sel-sel hati dari kerusakan akibat asetaminofen, menurut studi terhadap hewan dalam The American Journal of Chinese Medicine tahun 2000. Dalam tes pada tikus, para peneliti menemukan bahwa antioksidan dalam burdock dapat mengurangi efek berbahaya dari zat beracun yang terbentuk dari metabolisme asetaminofen.

Penelitian berbasis hewan lainnya menunjukkan bahwa burdock juga dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Itulah daftar bahan herbal untuk membantu menjaga kesehatan hati. Mengingat kurangnya uji klinis untuk mendukung penggunaannya, baik kunyit maupun burdock saat ini tidak dapat direkomendasikan untuk pengobatan semua jenis penyakit hati. Karena dukungan ilmiah untuk efek perlindungan hati milk thistle juga terbatas, terlalu dini untuk merekomendasikan ramuan ini sebagai pengobatan utama untuk masalah hati.

Perlu digarisbawahi bahwa uji coba terhadap hewan tidak dapat secara otomatis diterapkan pada manusia. Jika mempertimbangkan penggunaan bahan herbal untuk kesehatan hati, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Jadilah Member Kami & Raih Kemenangan BesarNya!!- Meja VIP- Kartu Bagus- Rate Kemenangan 97%- Depo Minimalisinformasi lebih lanjutWhatsapp : +6281221734958