7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

GESITQQ LOUNGE
7 Manfaat Sikap Lilin Sikap lilin atau shoulder stand adalah salah satu pose yoga yang populer. Pose ini melibatkan pundak dan lengan menempel pada lantai sambil terus menopang berat badan. Sementara leher tetap lurus, dagu menempel pada dada untuk menjaga keseimbangan.

Saat sedang melakukan sikap lilin, penting untuk tetap bernapas agar keseimbangan tetap terjaga. Meskipun tampak sederhana dan mudah dilakukan, tetapi sikap lilin datang dengan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa manfaat sehat sikap lilin dilansir laman Mind Body Green dan Be Bodywise.

1. Meningkatkan sirkulasi darah ke otak

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

Banyak hal dapat menurunkan aliran darah ke otak, seperti tidak aktif bergerak, obesitas, masalah pada pembuluh darah, dan kebiasaan merokok. Menurunnya aliran darah ke otak kemudian dapat memicu beberapa gejala, seperti kelelahan, masalah bicara, hingga hilangnya keseimbangan.

Kekuatan gravitasi dan sikap lilin akan mengirimkan lebih banyak darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke tubuh bagian atas dan kepala. Selanjutnya, ketika kamu berdiri kembali dari sikap lilin, gelombang darah segar telah mengalir ke seluruh tubuh. Hasilnya, kamu akan merasa pikiranmu lebih segar, lebih tajam, dan lebih fokus karena suplai darah yang meningkat. 7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

2. Membangun kekuatan dan fleksibilitas

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

Mengangkat dan menahan tubuh dengan bahu membutuhkan banyak kekuatan inti bersama dengan kekuatan tubuh bagian atas. Ini juga meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas di leher dan bahu dan bahkan dapat memperkuat otot kaki dan punggung saat seluruh tubuh bergerak selama mempraktikkan sikap lilin.

Meningkatnya kekuatan dan fleksibilitas tubuh ini pada akhirnya memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan kemungkinan cedera, rasa sakit, memperbaiki postur dan keseimbangan, bahkan meningkatkan kesejahteraan mental. Semua ini membuatku kamu dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.

3. Memperbaiki pencernaan

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

Posisi terbalik, seperti sikap lilin, dapat menyesuaikan kembali organ-organ internal seperti usus dan usus besar. Menahan diri dalam posisi terbalik membalikkan efek gravitasi pada organ pencernaan, membantu merangsang pergerakan limbah yang tersangkut, menghilangkan rasa sakit akibat gas, dan mendorong efek restoratif keseluruhan pada pencernaan.

Itu, pada gilirannya, dapat merangsang buang air besar dan membersihkan sistem pencernaan, yang sangat baik untuk orang dengan sembelit dan sindrom iritasi usus besar. Waktu terbaik untuk mempraktikkan pose ini adalah sebelum makan atau beberapa jam setelahnya untuk menghindari refluks asam. 7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

4. Meningkatkan sistem limfatik

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

Sistem limfatik ialah sekumpulan jaringan, pembuluh, dan organ yang bekerja bersama untuk memindahkan getah bening kembali ke aliran darah. Sistem limfatik memengaruhi banyak hal dalam tubuh, seperti membantu membuang limbah dari tubuh dan melawan infeksi, peradangan, dan penyakit metabolik. 

Tidak seperti darah yang bisa dialirkan ke seluruh tubuh dengan bantuan jantung, sistem limfatik tidak memiliki “jantung” untuk membantu mengalirkan getah bening ke seluruh tubuh. Jadi, kamu harus bergerak agar getah bening mengalir dengan baik.

Dengan mempraktikkan sikap lilin, gravitasi dapat memungkinkan getah bening bergerak menuju organ lain, yang dapat membantu mengaliri seluruh sistem limfatik. Ini dapat mempercepat pembuangan limbah dan menyegarkan sistem limfatik. 7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

5. Menghilangkan stres dan kecemasan

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

Diam dalam sikap lilin selama beberapa saat dapat membantu menenangkan sistem saraf parasimpatis, yang membantu tubuh dan pikiran menjadi jauh lebih rileks. Mempraktikkan pose ini secara konsisten diyakini mampu menurunkan gejala depresi dan kecemasan.

Sikap lilin juga dianggap menenangkan karena mata dan kepala menghadap ke jantung selama pose ini. Postur apa pun yang membuat kepala bergerak ke arah dada akan membantu mengembangkan energi yang terfokus ke dalam, dan akan membantu menenangkan pikiran yang terlalu aktif.

6. Mengurangi kelelahan

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

Sikap lilin memungkinkan posisi jantung berada lebih tinggi dari kepala, yang berarti lebih banyak darah dan oksigen yang mengalir ke otak. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih energik dan waspada. Ini juga dapat mengurangi insomnia dan membantu kamu mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Membalikkan efek gravitasi dapat membantu mengubah tekanan darah. Ini bisa mengatasi masalah ketegangan atau sakit kepala yang disebabkan oleh perubahan tekanan darah. Karenanya, sikap lilin sangat cocok dipraktikkan saat kamu lelah bekerja atau menghadapi stres untuk membantu menyegarkan tubuh. 7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

7. Meningkatkan imunitas tubuh

7 Manfaat Sikap Lilin bagi Kesehatan, Praktikkan Setiap Hari

GESITQQ REGISTER
Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa sikap lilin mampu meningkatkan fungsi sistem limfatik. Sistem limfatik bertanggung jawab atas respons sistem kekebalan di antara fungsi-fungsi lainnya. Jadi, dengan merangsang sistem limfatik, ini akan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, sikap lilin juga memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan sistem peredaran darah, pencernaan, reproduksi, dan saraf tubuh. Ini semua memiliki dampak positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan semua manfaat ini, tentunya kamu perlu mempraktikkan sikap lilin secara konsisten. Jadi, yuk praktikkan sikap ini setiap hari. Namun, pastikan kondisimu memungkinkan untuk melakukannya dengan aman. Sebab, beberapa orang tidak boleh mempraktikkan sikap lilin, seperti orang dengan glaukoma, tekanan darah tinggi, dan ibu hamil.

MARKAS BESAR KARTU ONLINE INDONESIA

  • SUPPORT BANK ONLINE 24 JAM TANPA BATASAN ( TERMASUK SEGALA JENIS BANK DAERAH)
  • DEPO VIA OVO, DANA, GOPAY, TEMKOMSEL
  • 13 PERMAINAN 1 USER ID
  • Minimal Deposit & Withdraw 20.000
  • Whatsapp : +62 812 2173 4958