7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama

gesitQQLOUNGE – Bagi penderita diabetes, memilih opsi makanan yang sesuai mungkin terkesan cukup sulit. Inilah makanan sehat yang bisa disimpat lama.

Sebab, mereka harus memilah makanan sehat yang tak memicu peningkatan gula darah.

Ini jadi salah satu tantangan yang paling sering dialami.Selain itu, cara penyimpanan makanan ternyata ikut memengaruhi kadar gula dalam bahan tersebut.

Ada sejumlah makanan yang tak cocok disimpan lama dalam lemari penyimpanan maupun kulkas.

Lantaran, kandungannya akan sedikit memberikan efek berbahaya pada gula darah.Untuk meminimalisasi dan mencegah efek berbahaya tersebut, beritagesit telah merangkum rekomendasi camilan hingga stok makanan sehat yang bisa disimpan dalam jangka waktu panjang. Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Kacang-kacangan

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (1)

Praktis dan menyehatkan, beberapa jenis kacang layak untuk dijadikan camilan bagi penderita diabetes. Di antaranya kacang arab atau chick peas, selai kacang, dan pistachio. Meski kacang tinggi karbohidrat, namun serat, protein, dan lemaknya membantu meminimalisasi kadar gula darah.Apalagi pistachio, pilihan kacang yang sangat baik karena mengandung protein lemak sehat. Tak perlu diolah, pistachio sudah enak dan gurih untuk dijadikan camilan sehat. Nah, kalau selai kacang, kamu harus lebih bijak memilihnya. Pastikan kalau selai tak mengandung gula tambahan; dengan komposisi alami seperti protein, karbohidrat, serat, dan lemak.

2. Tomat kaleng

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (2)

Mengutip Healthline, sejatinya tomat kaya likopen. Kandungan antioksidan ini dapat membantu merawat jantung. Terlebih, makanan berwarna merah tersebut rendah karbohidrat, sehingga mencegah peningkatan kadar gula darah. Supaya tomat bisa lebih tahan lama, pilihlah jenis kalengan. Jadi, kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Oiya, pastikan juga tomat kaleng yang kamu beli murni, ya.

3. Salmon kaleng

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (3)

Sama seperti tomat kaleng, salmon dalam kemasan kaleng memang punya masa kedaluwarsa yang lebih lama.

Kamu tetap bisa memperoleh asam lemak omega-3 serta protein. Lantaran berbentuk makanan kalengan, umumnya akan mengandung tambahan kalsium dari tulang lunak ikan.

4. Jamur kaleng

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (4)

Jamur umumnya kaya serat juga rendah karbohidrat.

Hal ini yang membuat jamur kaleng tinggi nutrisi, serta cocok masuk sebagai bahan sup maupun tumisan.Jamur kaleng punya waktu kedaluwarsa selama 2 tahun. Selain itu, jamur ini juga mengandung ergothioneine, tinggi asam amino dan antioksidan. Sehingga, membantu mengatur manajemen kadar gula darah.

5. Cokelat hitam

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (5)

Kudapan dan makanan ringan nan manis memang selalu berhasil membuat mood kita baik.

Tapi, kini ada opsi cokelat sehat bila kamu pengin mencicipi aneka camilan manis tersebut.Ya, cokelat hitam atau dark chocolate, dengan kandungan kakao tinggi. Sebab tingginya kakao, membuat kandungan gulanya lebih sedikit. Dalam 3 keping cokelat hitam, terdapat 14 gr lemak, 3 gr protein, 4 gr serat, dan 11 gr karbohidrat.

6. Pasta tinggi protein

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (6)

berprotein tinggi umumnya bersumber dari aneka kacang, buncis, atau gandum.

kering tinggi protein bertahan sampai 6 bulan. Jadi, kalau kamu ingin mencicipi pasta sehat, bisa merebus dan mengolah pasta jenis ini, ya.

7. Minyak zaitun

7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Bisa Disimpan Lama (7)

Minyak zaitun memang terkenal akan senyawa anti-inflamasi. Mengonsumsi minyak sehat ini secara teratur, mampu mencegah peningkatan gula darah. Sejatinya, minyak jenis ini tidak mengandung karbohidrat, lemaknya murni, namun cukup tinggi kalori.