7 Jalur Paling Berbahaya Di Indonesia, Perlu Kewaspadaan Melewatinya!

GESITQQ LOUNGE 7 Jalur Paling Berbahaya Di Indonesia, Perlu Kewaspadaan Melewatinya! Sejumlah jalan di luar negeri memiliki medan yang cukup menantang untuk dilalui. Jalan-jalan tersebut bahkan masuk dalam kategori berbahaya karena memiliki jembatan yang curam di tengah laut. Namun jalan-jalan dengan kategori berbahaya juga ada di Indonesia loh.

Kata berbahaya di sini artinya memerlukan kewaspadaan yang cukup tinggi, meskipun pemerintah juga telah memitigasi resiko kecelakaan dengan berbagai upaya. Jalan-jalan ini telah di lengkapi dengan rambu dan peredam kejut. Sehingga saat mendekati belokan yang tajam, kendaraan akan memperlambat kendaraannya, atau ada rambu-rambu yang menunjukkan ada belokan tajam dan tanjakan curam

Namun meski begitu, kelalaian manusia membuat banyak kecelakaan terjadi di jalur ini. Bahkan beberapa di antaranya memiliki julukan mengerikan, mulai dari Jalur Neraka, Dead Road, hingga jalan paling berbahaya di dunia. Jalan apa saja itu? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jalur paling berbahaya di Indonesia.

1. Kelok 44 Di Sumatera Barat, Di Mana Belokan Dan Tanjakan Jadi Satu


Beberapa dari kalian pasti pernah mendengar tentang jalan Stillwell yang berada di Tiongkok. Benar, jalur tersebut merupakan salah satu yang paling berbahaya di dunia. Namun, Indonesia juga punya jalur serupa dan enggak kalah berbahayanya loh.

Jalur itu adalah Kelok 44 di Sumatera Barata. Salah satu jalan paling berbahaya di Indonesia ini memiliki tikungan yang mengerikan. Berada di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, jalanan tersebut menghubungkan Bukittinggi dengan Maninjau. Meski di anggap menantang maut, namun pemandangan di sekitar Kelok 44 Sumbar juga sangat memukau. Para pelancong bakal di suguhi panorama indahnya Danau Maninjau yang terlihat jelas dari ketinggian.

2. Perlu Tingkat Kewaspadaan Ekstra Jika Kalian Lewati Tanjakan Sitinjau Laut, Padang


Banyak orang yang ciut nyalinya saat melewati jalur ini, terutama mereka yang tak biasa melewati jalur pendakian yang menghubungkan Kota Padang – Solok Sumatera Barat itu. Kelok panorama, nama tanjakan panjang dan berkelok yang sangat curam dengan kemiringan 45 derajat ini sangat menakutkan. GESITQQ ONLINE

Apalagi jalur ini banyak di isi oleh kendaraan-kendaraan besar bertonase berat yang seringkali mogok di tengah-tengah pendakian. Namun tenang saja, para pemuda setempat selalu siaga di tepi jalan untuk selalu membawa balok kayu sebagai ganjalan apabila terlihat ada truk atau bus besar yang gagal naik.

3. Tanjakan Limbangan Yang Berliku-Liku Di Jawa Barat Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan


Salah satu tanjakan yang juga cukup berbahaya adalah tanjakan limbangan yang berada Garut Jawa Barat. Tanjakan yang curam dan kondisi jalan yang berliku sering menjadi pemicu kecelakaan.

Tanjakan-tanjakan ini memang sering menjadi tempat kecelakaan. Hal ini karena letak jalan-jalannya berada di topografi yang menanjak sehingga jarak panjang menyalip pengendara menang berkurang sehingga menjadi pemicu utama kecelakaan.

4. Hati-Hati, Tanjakan Gombel Di Semarang Ini Curam Dan Rawan Longsor


Jalan berbahaya selanjutnya adalah Tanjakan Gombel yang berada di Semarang. Jalan dengan rute yang tergolong curam ini juga kerap kali terjadi tanah longsor. Sering pula tersebut memakan korban jiwa. Meski demikian, nyatanya jalur tersebut masih banyak dilalui pengendara terlebih di musim mudik.

Selain rawan longsor, jalur tersebut juga dikenal karena hal-hal mistis. Sesuai dengan namanya, Tanjakan Gombel memang memiliki mitos yang berkaitan dengan hal gaib. Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang percaya jika terjadinya longsor ataupun kecelakaan di sana disebabkan oleh makhluk-makhluk halus yang tempat pertapaannya terganggu.

5. Harus Super Waspada Saat Kalian Lewat Jalur Cadas Pangeran, Jawa Barat


Jalur yang menghubungkan Bandung dan Sumedang ini berada di kawasan pegunungan. Tak heran jika jalan tersebut memiliki rute yang berkelok. Jika kalian akan melalui jalur ini, baiknya harus sepenuhnya fokus pada tikungan yang tajam ya.

Selain disuguhi tikungan ekstrim, saat melalui jalur tersebut juga harus banyak berdoa, sebab tak jarang kawasan tersebut mengalami longsor. Jalur Cadas Pangeran juga merupakan salah satu jalur paling maut karena enggak jarang memakan korban jiwa. Kebanyakan kasus kendaraan masuk jurang karena pengemudi memacu kendaraan melampaui batas.

6. Senggigi Salah Satu Jalur Menakutkan Yang Ada Di Nusa Tenggara Barat


Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan surganya wisata alam yang layak dikunjungi. Namun ada satu jalur yang sangat ditakuti oleh para pengendara loh, jalur itu adalah Senggigi. Lokasi menuju pantai indah di Lombok tersebut begitu berbahaya hingga ada beberapa orang yang merasa nyawanya dipertaruhkan saat melewati jalan tersebut.

Yang membuat Senggigi makin mengerikan adalah kondisi jalan yang kadang menurun kadang menanjak, terlebih adanya jurang di tepi jalan. Panorama jalanan Senggigi memang begitu indah, namun jika kalian tengah mengemudi, lebih baik fokus saja ke jalanan dan jangan lengah karena terlalu asik mengamati pemandangan ya.

7. Alas Roban Di Batang Jawa Tengah Ini Mendapat Julukan Sebagai Jalur Neraka


Saking seramnya Alas Roban sampai dijuluki “Jalur Neraka” loh. Jalur ini terletak di Batang Jawa Tengah dan tengah jadi perhatian dan pengawasan aparat setempat, khususnya di musim mudik dan arus balik. Kecelakaan sudah jadi catatan rutin dinas perhubungan setempat.

Bagaimana tidak, jalan tersebut memiliki rute yang sangat berkelok lengkap dengan pepohonan tinggi yang tumbuh di sekitar. Kurangnya penerangan di lokasi tersebut juga jadi salah satu yang membuat Alas Roban terkesan angker. Sama seperti Tanjakan Gombel, Alas Roban juga salah satu kawasan yang dianggap mistis oleh masyarakat setempat karena kerap terjadi kecelakaan.7 Jalur Paling Berbahaya Di Indonesia, Perlu Kewaspadaan Melewatinya!