7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

GESITQQ LOUNGE
7 Efek Samping Konsumsi Kunyit adalah tanaman yang banyak tumbuh di negara-negara Asia dan Amerika Tengah. Kunyit yang kita manfaatkan untuk masakan adalah bagian dari akar tanaman.

Warna kuning yang mencolok pada kunyit di sebabkan oleh kandungan komponen yang di sebut kurkumin. Selain memberikan warna kuning, kurkumin juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karenanya, selain di tambahkan dalam masakan, kunyit juga sering di manfaatkan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan yang ringan, salah satunya mengatasi nyeri.

Namun, bukan berarti kamu dapat menggunakan kunyit dalam jumlah banyak untuk masakan maupun pengobatan. Pasalnya, kunyit juga memiliki efek samping yang harus di waspadai.

Apa saja efek samping dari kunyit? Baca sampai selesai untuk mendapatkan jawabannya.

1. Mengencerkan darah

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Tidak jelas mengapa kunyit dapat membuat darah menjadi lebih encer. Namun, di perkirakan bahwa sifat kunyit dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah mungkin ada hubungannya dengan cara kunyit mengencerkan darah.

Sebuah penelitian dalam American Journal of Health-System Pharmacy tahun 2000 menyarankan agar orang yang mengonsumsi obat pengencer darah untuk menghindari mengonsumsi kunyit dalam dosis besar. Orang yang akan menjalani operasi juga di sarankan untuk tidak mengonsumsi kunyit beberapa hari sebelumnya. 7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

2. Menyebabkan sakit perut

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Kunyit di kenal mampu menenangkan dan meredakan sakit perut. Namun, jika di konsumsi dalam jumlah besar, ini justru menyebabkan iritasi dan sakit perut. 

Penelitian yang di muat dalam jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology tahun 2013 menyebutkan bahwa beberapa peserta dalam studi yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan kunyit untuk pengobatan kanker harus berhenti mendapatkan kunyit karena pencernaan mereka sangat terpengaruh. Efek samping ini di perkirakan terjadi karena kunyit merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung.

3. Menyebabkan kontraksi kandung empedu

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Studi dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition tahun 2002 menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat menyebabkan kontraksi kandung empedu. Kurkumin seberat 40 mg di temukan menghasilkan kontraksi 50 persen di kantong empedu dan pemberian suplemen kunyit sebanyak 20-40 mg juga di laporkan meningkatkan kontraksi kandung empedu. 7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Oksalat dalam kunyit juga di yakini meningkatkan risiko batu empedu. Namun, penelitian tentang klaim ini masih terbatas. Untuk individu yang berisiko terkena batu empedu atau memiliki masalah kandung empedu, di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan kunyit dalam diet.

4. Meningkatkan risiko batu ginjal

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Terlalu banyak asupan kunyit dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Menurut penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, ini karena adanya oksalat dalam kunyit yang dapat mengikat kalsium untuk membentuk kalsium oksalat yang bertanggung jawab dalam terbentuknya batu ginjal.

Dalam studi tersebut, diketahui bahwa konsumsi kunyit menyebabkan ekskresi oksalat urine yang lebih tinggi sehingga memperkuat fakta bahwa kunyit menyebabkan batu ginjal. Karena alasan ini, individu dengan masalah ginjal disarankan untuk menghindari kunyit.

5. Memicu reaksi alergi kontak

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Kandungan kurkumin dalam kunyit bisa menyebabkan alergi kontak. Menurut studi dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology tahun 2015, kontak dengan kunyit dapat menyebabkan dermatitis kontak dan urtikaria, suatu bentuk ruam yang berbentuk bulat.

Karena kunyit termasuk dalam keluarga jahe, seseorang yang alergi terhadap jahe juga cenderung mengembangkan alergi terhadap kunyit. Seseorang yang alergi terhadap pewarna makanan kuning juga bisa alergi terhadap kunyit. 7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

6. Menyebabkan kekurangan zat besi

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

Sebuah penelitian yang dirilis dalam jurnal Cureus tahun 2019 mengungkapkan bahwa kunyit bersifat mengikat zat besi. Penelitian yang dilakukan terhadap tikus ini menunjukkan bahwa konsumsi kunyit dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan, sehingga menyebabkan kekurangan zat besi.

Sebaiknya, periksa kadar zat besi dalam darah sebelum menggunakan suplemen kunyit atau memasukkan kunyit ke dalam makanan. Jika kamu mengalami defisiensi zat besi, konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan kunyit yang aman untukmu.

7. Meningkatkan risiko pendarahan

7 Efek Samping Konsumsi Kunyit yang Berlebihan, Hati-hati!

GESITQQ REGISTER
Kurkumin dalam kunyit diketahui dapat menurunkan agregasi trombosit. Hal ini kemudian dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Studi dalam jurnal BMB Report tahun 2012 menyatakan bahwa asupan kunyit setiap hari dapat membantu mempertahankan status antikoagulan. Ini kemudian dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Tak dapat disangkal, kunyit adalah bahan ajaib yang dapat meningkatkan cita rasa masakan dan mengatasi beberapa masalah kesehatan yang ringan. Namun, bukan berarti kamu dapat menggunakan bumbu berwarna kuning ini secara berlebihan karena potensi efek samping kunyit tetap perlu diwaspadai.

MARKAS BESAR KARTU ONLINE INDONESIA
AYO RAIH JUTAAN RUPIAH HANYA MODAL KECIL
TERSEDIA 13 GAME DALAM 1 USER ID
Minimal depo 20k
Whatsapp : +6281221734958
LINK : gesitcuan.net