7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

gesitQQLOUNGE – Jika bicara soal menurunkan berat badan, tentu yang terlintas di pikiran adalah melakukan diet ketat dan berolahraga.

Tak heran bagi mereka yang ingin berkomitmen menurunkan berat badan akan mencoba berbagai macam diet dan rutin berolahraga.

Namun bagaimana kalau ada cara yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ketat? Menurut laporan Healthline, ada serangkaian cara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan berat badan ideal yang diimpikan tanpa melakukan diet.

Kira-kira apa saja yang harus dilakukan? Simak cara selengkapnya berikut ini.

1. Gunakan piring kecil saat ingin makan makanan tak sehat

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (9)

Percaya atau tidak, ukuran piring bisa mempengaruhi porsi makan kamu. Menurut International Journal of Obesity, mata bisa menciptakan ilusi optik pada otak. Jadi ukuran piring yang lebih besar membuat makanan tampak sedikit, sehingga muncul keinginan untuk mengambil porsi yang lebih banyak. Sedangkan piring kecil, membuat makanan jadi tampak penuh meski jumlahnya sedikit.Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menghindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Caranya, setiap ingin makan makanan seperti junk food, gunakan piring yang lebih kecil. Kemudian gunakan piring besar jika kamu sedang mengkonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, kamu tetap bisa mengontrol pola makan.

2. Mengunyah perlahan

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (10)

Selain pemilihan piring, kecepatan makan kamu juga bisa menentukan kenaikan berat badan. Penelitian dalam jurnal Biochemia Medica tahun 2012 menyatakan bahwa makan secara perlahan bisa meningkatkan hormon yang mengontrol nafsu makan. Usai makan, tubuh akan langsung bereaksi seperti usus akan menekan hormon ghrelin, yang mengendalikan rasa lapar. Secara bersamaan, usus juga melepaskan hormon leptin guna membantu perut terasa penuh.

3. Menjauhkan makanan tak sehat dari pandangan mata

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (11)

Karena ini merupakan panduan menurunkan berat badan tanpa diet, maka kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang dikonsumsi setiap hari. Pastikan kamu tidak hanya menghindari segala makanan tak sehat, tapi kamu juga harus menjauhkan mereka dari pandangan mata. Sebab menurut International Journal of Obesity tahun 2015, meletakkan makanan tidak sehat di sekitar kamu dapat meningkatkan keinginan untuk makan dan memicu rasa lapar.

4. Konsumsi makanan kaya protein untuk menurunkan berat badan

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (12)

The American Journal of Clinical Nutrition 2008 menyatakan bahwa protein memiliki efek yang kuat untuk membuat kita merasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu untuk mengurangi konsumsi kalori.

Hal ini disebabkan karena protein mempengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam mengatur rasa kenyang dan lapar pada tubuh.

Jadi Ladies bisa memperbanyak asupan protein seperti sarapan dengan roti gandum atau oatmeal, telur, dan sayuran. Kemudian makan siang dengan mengkonsumsi olahan dada ayam atau ikan dan salad.

Mengganti snack dengan buah, yogurt, dan kacang-kacangan.

5. Minum air putih sebelum makan

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (13)

Menurut penelitian dari International Journal of Obesity tahun 2010, minum setengah liter air dalam waktu 30 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan asupan kalori. Lebih dari itu, penelitian tersebut mengungkapkan partisipan yang rutin minum air putih 30 menit sebelum makan selama 12 minggu bisa menurunkan berat badan hingga 44 persen.

6. Hindari penggunaan gadget saat makan

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (14)

Aturan untuk fokus saat makan bukan hanya supaya kita bisa menikmati makanan. Tetapi juga berguna untuk membantu menjaga porsi makan. Studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2013 menemukan bahwa orang-orang yang terbiasa makan sambil menonton TV atau bermain handphone porsi makannya akan meningkat 10 persen. Tak hanya itu, mereka yang waktu makannya terganggu bisa mendapat asupan kalori 25 persen lebih banyak.

7. Tidur cukup untuk menghindari stres

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat (15)

Stres yang kita alami menyebabkan banyak hal terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah membuat berat badan naik. Mengapa demikian? Menurut psikiater Dr. Charlie Seltzer, bila stres melanda, salah satu respon tubuh adalah meningkatkan kadar hormon kortisol yang berakibat pada kenaikan berat badan.

Ketika kita tidak merasa terancam, hormon kortisol akan kembali normal dengan sendirinya. Tetapi, ketika stres selalu menghampiri diri, hormon kortisol bisa saja selalu muncul dan menstimulasi rasa lapar.Untuk mengatasinya, Ladies harus memiliki waktu tidur yang cukup. Pastikan setiap hari kamu punya waktu istirahat khusus yang tidak melibatkan pekerjaan dan gadget dan usahakan tidur 7-8 jam per hari. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi stres dengan rutin berolahraga setidaknya satu jam atau 30 menit per hari. Jangan hanya fokus ingin menurunkan berat badan saja, namun kamu pun harus mengelola kesehatan mental agar pikiran tetap positif.